Aryadiputra, I Gede Prassetya (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD di Gugus IV Kecamatan Sukasada Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1511031223-COVER.pdf Download (823kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1511031223-ABSTRAK.pdf Download (161kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1511031223-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (182kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1511031223-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (231kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1511031223-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (389kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1511031223-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (360kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1511031223-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (158kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1511031223-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (156kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1511031223-LAMPIRAN.pdf Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan hasil belajar IPS antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif Think Pair Share dan kelompok siswa yang dibelajarkan dengan pendekatan saintifik pada siswa SD kelas V Gugus IV Kecamatan Sukasada tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu, dengan desain penelitian post-test only control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD di Gugus IV Kecamatan Sukasada yang berjumlah 102 siswa. Sampel penelitian ditentukan menggunakan teknik random sampling, sehingga diperoleh kelas V SD Negeri 1 Sukasada yang berjumlah 22 siswa sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas V SD Negeri 3 Sukasada berjumlah 37 siswa sebagai kelas kontrol. Data hasil belajar IPS dikumpulkan menggunakan tes pilihan ganda. Teknik analisis yang digunakan analisis deskriptif dan statistik t-test dengan rumus polled varians. Hasil penelitian menunjukkan bahwa thitung (42,65) > ttabel (2,00) dan nilai rata - rata kelompok eksperimen 75,45 dan rata - rata kelompok kontrol 51,14 yang berarti terdapat perbedaan hasil belajar antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif Think Pair Share dan kelompok siswa yang dibelajarkan dengan pendekatan konvensional pada siswa kelas V. Dari hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif Think Pair Share berpengaruh terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V SD Gugus IV Kecamatan Sukasada tahun pelajaran 2019/2020.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Think Pair Share, Hasil Belajar IPS, Model Pembelajaran Kooperatif |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | I Gede Prassetya Aryadiputra |
Date Deposited: | 28 Jul 2020 08:20 |
Last Modified: | 28 Jul 2020 08:20 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/2472 |
Actions (login required)
View Item |