Udiana, I Komang Agus (2025) PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN PENINGGALAN BENDA-BENDA BERSEJARAH MUSEUM BALI BERBASIS DISCOVERY LEARNING MATERI SEJARAH KERAJAAN INDONESIA MUATAN IPAS KELAS IV SD NEGERI 3 SESETAN. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.
![]() |
Text (COVER)
2111031334-COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2111031334-ABSTRAK.pdf Download (407kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031334-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (210kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031334-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (202kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031334-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (934kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031334-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031334-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (313kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031334-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (155kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2111031334-LAMPIRAN.pdf Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui rancang bangun video pembelajaran animasi berbasis discovery learning muatan Matematika materi pecahan, (2) mengetahui kualitas video pembelajaran peninggalan benda-benda bersejarah museum Bali berbasis discovery learning muatan IPAS materi sejarah kerajaan Indonesia yang ditinjau dari rancang bangun, isi, desain instruksional, media pembelajaran, uji coba perorangan dan kelompok kecil, (3) mengetahui efektivitas video pembelajaran peninggalan benda-benda bersejarah museum Bali berbasis discovery learning muatan IPAS materi sejarah kerajaan Indonesia. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan ADDIE. Metode pengumpulan data menggunakan, kuesioner, tes objektif pilihan ganda, teknik analisis data deskriptif kuantitatif dan statistik inferensial. Hasil penelitian adalah (1) Rancang bangun media video pembelajaran dengan hasil penilaian rancang bangun dari ahli rancang bangun denganperolehan nilai persentase sebesar 93.18% (sangat baik). (2) Kualitas video pembelajaran menunjukkan hasil uji ahli isi/materi pelajaran dengan perolehan nilai presentase sebesar 93.33% (sangat baik), uji ahli desain instrusional dengan perolehan nilai presentase sebesar 93.75% (sangat baik), uji ahli media pembelajaran sebesar 91.66% (sangat baik), uji coba perorangan memperoleh nilai presentase sebesar 93.33% (sangat baik) dan uji coba kelompok kecil sebesar dengan perolehan nilai presentase sebesar 94.44% (sangat baik). (3) Efektivitas video pembelajaran berdasarkan uji-t diketahui nilai t_hitung sebesar 21,454.. Kemudian nilai t_hitung dibandingkan dengan nilai t_tabel. Nilai t_(tabel )untuk db 36 dengan taraf signifikansi 5% (α = 0,05) adalah 2,08. Hasil analisis menunjukkan bahwa nilai t_hitung > t_tabel (21,454 > 1,688) Dengan demikian, hipotesis nol H_0 ditolak dan H_1 diterima. Dapat disimpulkan bahwa media video pembelajaran peninggalan benda-benda bersejarah museum Bali berbasis discovery learning, efektif digunakan pada muatan IPAS materi sejarah kerajaan Indonesia untuk siswa kelas IV di SD Negeri 3 Sesetan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Video Pembelajaran, Peninggalan benda-benda bersejarah museum Bali , discovery learning, IPAS |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | I Komang Agus Udiana |
Date Deposited: | 24 Jun 2025 09:28 |
Last Modified: | 24 Jun 2025 09:28 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/24748 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |