Martini, Putu Ayu Eka (2025) EFEKTIVITAS TEORI KONSELING KOGNITIF BEHAVIORAL DENGAN TEKNIK RESTRUKTURISASI KOGNITIF UNTUK MEREDUKSI TUNDA AKADEMIK PADA SISWA DI SMP NEGERI 2 SINGARAJA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2111011005_COVER.pdf Download (688kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2111011005_ABSTRAK.pdf Download (268kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111011005_BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (290kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111011005_BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (381kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODE PENELITIAN)
2111011005_BAB 3 METODE PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (460kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111011005_BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (496kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2111011005_BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (270kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111011005_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (229kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2111011005_LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Tunda akademik adalah kecenderungan seseorang dalam mengulur waktu, menghindari tugas dan membuang waktu, sehingga tugas tidak selesai tepat waktu. Banyak siswa yang cenderung menghindari tugas karena cepat saat menghadapi kesulitan, menganggap tugas tidak menyenangkan, lebih memilih bermain gadget, serta sering mencari alasan untuk tidak menyelesaikannya. Kajian ini mempunyai tujuan agar bisa menguji efektivitas teori konseling kognitif behavioral melalui teknik restrukturisasi kognitif untuk mereduksi tunda akademik pada siswa di SMP Negeri 2 Singaraja. Kajian ini memakai Quasi Eksperimental melalui desain (rancangan) Non-equivalent Pretest Posttest Control Group Design. Dalam pengumpulan sampel kajian eksperimen ini memakai teknik Random Sampling Intact Group. Sampel terdiri atas 70 siswa yang dikelompokkan menjadi 2 yakni kelompok kelas eksperimen serta kelompok kelas kontrol. Pengambilan data menggunakan metode observasi serta kuesioner (angket) yang sudah diuji validitas serta reliabilitasnya, kemudian menganalisis data dengan Uji Independent Sample T-Test melalui bantuan SPSS 27.0. Hasil riset menyatakan bahwa skor Sig. (2-tailed) adalah senilai 0,000 ˂ 0,05 yakni menunjukkan selisih yang signifikan pada hasil post-test kelompok kelas eksperimen dengan hasil post-test kelompok kelas kontrol. Diidentifikasi skor effect size adalah senilai 2,54 yang membuktikan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Oleh karena itu, bisa dinyatakan bahwa teori konseling kognitif behavioral dengan teknik restrukturisasi kognitif efektif untuk mereduksi tunda akademik pada siswa SMP Negeri 2 Singaraja.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Teknik Restrukturisasi Kognitif, Teori Konseling Kognitif Behavioral, Tunda Akademik. |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Ilmu Pendidikan, Psikologi dan Bimbingan > Program Studi Bimbingan Konseling (S1) |
Depositing User: | Putu Ayu Eka Martini |
Date Deposited: | 25 Jun 2025 03:18 |
Last Modified: | 25 Jun 2025 03:18 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/24787 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |