Faizah, Okta (2020) Pengembangan Multimedia Pembelajaran Pada Mata Pelajaran IPA untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII di MTs Negeri 2 Buleleng Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1511021008-COVER.pdf Download (583kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1511021008-ABSTRAK.pdf Download (105kB) |
|
Text (BAB I PENDAHULUAN)
1511021008-BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (206kB) |
|
Text (BAB II KAJIAN TEORI)
1511021008-BAB II KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (214kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III METODELOGI PENELITIAN)
1511021008-BAB III METODELOGI PENELITIAN 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (446kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
1511021008-BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (964kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V PENUTUP)
1511021008-BAB V PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (203kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1511021008-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (223kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1511021008-LAMPIRAN.pdf Download (12MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan proses pengembangan produk multimedia pembelajaran pada mata pelajaran IPA, (2) mengetahui kualitas produk multimedia pembelajaran menurut review ahli, dan uji coba yang dilakukakan siswa, serta (3) mengetahui efektivitas multimedia pembelajaran mata pelajaran IPA. Penlitian ini adalah penelitian pengembangan. Model pengembangan yang digunakan adalah model Luther. Validasi multimedia dilakukan oleh satu ahli isi mata pelajaran, satu ahli media pembelajaran, 3 siswa uji coba perorangan, 6 siswa uji coba kelompok kecil, dan 22 siswa uji lapangan. Efektivitas multimedia dilakukan dengan 22 siswa menggunakan desain penelitian pre-test, post-test, dan tes. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif, kuantitatif dan statistik inferensial. Hasil penelitian ini adalah (1) proses pengembangan multimedia pembelajaran yaitu mulai dari langkah membuat konsep, perancangan, pengumpulan bahan, pembuatan, uji coba, dan distribusi; (2) kualitas hasil pengembangan media menurut review ahli dan siswa yaitu: a) ahli bidang studi 94% (sangat baik), b) ahli desain pembelajaran 83,3% (baik), c) ahli media pembelajaran 86% (baik), d) uji perorangan 94,9% (sangat baik), e) uji kelompok kecil 91,9% (sangat baik), f) uji lapangan 92% (sangat baik); (3) berdasarkan uji hipotesis ditunjukkan bahwa harga (thitung 25,75 > ttabel 2,080 pada taraf signifikansi 5%). Dengan demikian multimudia pembelajaran yang dikembangkan efektif untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas VII semester ganjil tahun pelajaran 2019/2020 di MTs Negeri 2 Buleleng.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | IPA, multimedia pembelajaran, pengembangan |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Ilmu Pendidikan, Psikologi dan Bimbingan > Program Studi Teknologi Pendidikan (S1) |
Depositing User: | Okta Nivia Faizah |
Date Deposited: | 27 Jul 2020 03:48 |
Last Modified: | 27 Jul 2020 03:48 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/2480 |
Actions (login required)
View Item |