PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF JEJAK BUDI BERBASIS I2M3 MUATAN KEANEKARAGAMAN BUDAYA DI INDONESIA PEMBELAJARAN PKN KELAS V SD NO. 3 SIBANG GEDE TAHUN AJARAN 2024/2025

Puspaningrat, I Gusti Agung Ratih (2025) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF JEJAK BUDI BERBASIS I2M3 MUATAN KEANEKARAGAMAN BUDAYA DI INDONESIA PEMBELAJARAN PKN KELAS V SD NO. 3 SIBANG GEDE TAHUN AJARAN 2024/2025. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2111031260-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2111031260-ABSTRAK.pdf

Download (235kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031260-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (266kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031260-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (338kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031260-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (549kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031260-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031260-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (232kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031260-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (204kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2111031260-LAMPIRAN.pdf

Download (18MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) mendeskripsikan rancang bangun multimedia interaktif Jejak Budi berbasis I2M3 muatan keanekaragaman budaya di Indonesia pembelajaran PKn. (2) mengetahui kelayakan multimedia interaktif Jejak Budi berbasis I2M3 muatan keanekaragaman budaya di Indonesia pembelajaran PKn yang ditinjau dari rancang bangun, isi, desain instruksional, media pembelajaran, uji coba perorangan dan kelompok kecil. (3) mengetahui efektivitas multimedia interaktif Jejak Budi berbasis I2M3 muatan keanekaragaman budaya di Indonesia pembelajaran PKn. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan ADDIE. Metode pengumpulan data menggunakan tes objektif pilihan ganda, kuesioner dan teknik analisis data deskriptif kuantitatif dan statistik inferensial. Hasil penelitian adalah (1) Rancang bangun multimedia interaktif Jejak Budi berbasis I2M3 dengan hasil penilaian rancang bangun dari ahli rancang bangun dengan persentase 97,5% yang berada pada kualifikasi (sangat baik). (2) Kualitas media pembelajaran multimedia interaktif Jejak Budi berbasis I2M3 menunjukkan hasil uji ahli isi muatan pelajaran sebesar 93,75% (sangat baik), uji ahli desain instrusional sebesar 93,75% (sangat baik), uji ahli media pembelajaran sebesar 90,79% (sangat baik), uji coba perorangan sebesar 95% (sangat baik) dan uji coba kelompok kecil sebesar 92,8% (sangat baik), serta (3) hasil uji efektivitas produk memperoleh thitung 7,477> ttabel 1,717 pada taraf signifikansi 5% untuk dk = 23 sehingga HO ditolak dan H1 diterima, yang artinya terdapat perbedaan yang signifikan sebelum dan sesudah menggunakan media pembelajaran multimedia interaktif Jejak Budi berbasis I2M3. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa produk multimedia interaktif Jejak Budi berbasis I2M3 efektif diterapkan pada pembelajaran PKn khususnya muatan keanekaragaman budaya di Indonesia kelas V di SD No. 3 Sibang Gede.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Multimedia Interaktif, I2M3, Keanekaragaman Budaya, PKn
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: I Gusti Agung Ratih Puspaningrat
Date Deposited: 25 Jun 2025 07:24
Last Modified: 25 Jun 2025 07:24
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/24821

Actions (login required)

View Item View Item