EFEKTIFITAS KONSELING BEHAVIORAL DENGAN TEKNIK ASERTIF TRAINING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BERPRESTASI DAN NEED FOR EXHIBITION

Umam, Ahmad Khotibul (2025) EFEKTIFITAS KONSELING BEHAVIORAL DENGAN TEKNIK ASERTIF TRAINING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BERPRESTASI DAN NEED FOR EXHIBITION. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2329111001-COVER.pdf

Download (564kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2329111001-ABSTRAK.pdf

Download (294kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2329111001-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (231kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2329111001-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2329111001-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (750kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2329111001-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (438kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2329111001-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (276kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2329111001-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (325kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2329111001-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Abstrak Umam, Ahmad Khotibul (2025), Efektivitas Konseling Behavioral Dengan Teknik Asertif Training untuk Meningkatkan Motivasi berprestasi dan Need for exhibition. Tesis, Bimbingan dan Konseling, Program Pascasarjana, Universitas Pendidikan Ganesha. Tesis ini sudah disetujui dan diperiksa oleh Pembimbing I: Dr. Putu Ari Dharmayanti, S.Pd., M.Pd., dan Pembimbing II: Prof.Dr. Nyoman Dantes. Kata-kata kunci: asertif training, konseling behavioral, motivasi berprestasi, need for exhibition. Latar belakang penelitian ini didasari oleh masih rendahnya motivasi berprestasi dan keberanian siswa dalam mengekspresikan potensi diri di lingkungan sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas konseling behavioral dengan teknik asertif training dalam meningkatkan motivasi berprestasi dan need for exhibition. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen semu (quasi-experimental) tipe pretest-posttest control group design, melibatkan 60 siswa yang terbagi dalam kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Intervensi diberikan kepada kelompok eksperimen melalui sesi konseling behavioral berbasis asertif training. Data dikumpulkan dengan skala motivasi berprestasi dan need for exhibition, yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Analisis data menggunakan uji MANOVA setelah uji prasyarat terpenuhi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknik asertif training secara signifikan efektif meningkatkan kedua variabel tersebut secara simultan (p < 0,05). Temuan ini menunjukkan bahwa pendekatan behavioral berbasis pelatihan asertif dapat mengembangkan perilaku adaptif siswa, meningkatkan kepercayaan diri, serta mendorong pencapaian akademik dan sosial yang lebih optimal. Implikasi praktis dari penelitian ini menunjukkan perlunya integrasi teknik ini dalam layanan konseling di sekolah untuk mendukung pembentukan karakter dan profil Pelajar Pancasila.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: asertif training, konseling behavioral, motivasi berprestasi, need for exhibition.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Bimbingan Konseling (S2)
Depositing User: Ahmad Khotibul Umam
Date Deposited: 29 Jun 2025 06:37
Last Modified: 29 Jun 2025 06:37
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/24903

Actions (login required)

View Item View Item