Prayogi, Putu Calvin (2025) Peran Entrepreneurial Self-Efficacy dalam Memediasi Pengaruh Entrepreneurship Education terhadap Entrepreneurial Intention pada Mahasiswa Peserta Ganesha Digital Entrepreneurship Academy 2024. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
211701029-COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2117041029-ABSTRAK.pdf Download (326kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2117041029-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (429kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2117041029-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (513kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN)
2117041029-BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (561kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2117041029-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (808kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2117041029-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (293kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2117041029-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (278kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2117041029-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peran Entrepreneurial Self-Efficacy (ESE) dalam memediasi pengaruh Entrepreneurship Education (EE) terhadap Entrepreneurial Intention (EI) pada mahasiswa peserta Ganesha Digital Entrepreneurship Academy (GDEA) 2024 yang merupakan turunan dari program Wirausaha Merdeka (WMK). Penelitian ini didasarkan pada Self-Efficacy Theory (Bandura, 1977) dan Theory of Planned Behavior (Ajzen, 1991), yang dalam konteks kewirausahaan menjelaskan bahwa mastery experience yang diperoleh dari EE dapat meningkatkan ESE yang berkaitan erat dengan perceived behavioral control, sehingga pada akhirnya mendorong EI. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif asosiatif dengan teknik pengumpulan data melalui kuesioner yang dibagikan kepada 211 responden, yang dipilih menggunakan teknik simple random sampling dari populasi 445 mahasiswa peserta GDEA 2024. Konstruk yang diteliti mencakup EE sebagai konstruk eksogen, EI sebagai konstruk endogen, dan ESE sebagai konstruk mediasi. Analisis data dilakukan menggunakan Partial Least Square Structural Equation Modeling (PLS-SEM) dengan SmartPLS versi 4. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) EE berpengaruh positif dan signifikan terhadap ESE, (2) ESE berpengaruh positif dan signifikan terhadap EI, (3) EE berpengaruh positif dan signifikan terhadap EI, dan (4) ESE memediasi secara parsial hubungan antara EE dan EI. Dengan demikian, dapat disimpulkan EE dapat secara langsung meningkatkan EI, namun pengaruh tersebut menjadi lebih kuat ESE yang tinggi. Implikasi dari penelitian ini dapat dimanfaatkan oleh lembaga pendidikan, pemerintah, dan pengelola program WMK untuk merancang strategi yang lebih efektif dalam meningkatkan EI dan kesiapan mahasiswa untuk berwirausaha.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | entrepreneurship education entrepreneurial intention, entrepreneurial self-efficacy, mediasi parsial, wirausaha merdeka |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QP Physiology |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Jurusan Manajemen > Program Studi Manajemen (S1) |
Depositing User: | Putu Calvin Prayogi |
Date Deposited: | 30 Jun 2025 07:06 |
Last Modified: | 30 Jun 2025 07:06 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/24935 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |