Ananda, Nasta Dea (2025) Penerapan Model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PJOK Materi Passing Bola Voli Pada Peserta Didik Kelas VIIA di SMP NEGERI 1 Seririt. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2116011020-COVER.pdf Download (714kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2116011020-ABSTRAK.pdf Download (25kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2116011020-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (157kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2116011020-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (507kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2116011020-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (411kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2116011020-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (827kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2116011020-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (28kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2116011020-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (465kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2116011020-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar (PJOK) melalui materi teknik dasar Passing bola voli pada peserta didik kelas VIIA SMP Negeri 1 Seririt dengan Penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas.Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIIA SMP Negeri 1 Seririt, sedangkan objek penelitian adalah materi teknik dasar Passing bola voli dalam permainan bola voli dengan penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL). Data diambil dengan cara observasi tes terhadap gerakan teknik dasar Passing atas dan Passing bawah bola voli pada aspek kognitif dan aspek psikomotor. Data dianalisis menggunakan analisis Statistik Deskriptif.Hasil penelitian menunjukan bahwa Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) untuk meningkatkan hasil belajar (PJOK) melalui teknik dasar Passing bola voli pada peserta didik kelas VIIA SMP Negeri 1 Seririt. Dapat dilihat pada siklus I dan siklus II persentase peningkatan hasil belajar aspek pengetahuan dari ketuntasan 23 orang (56%) menjadi ketuntasan 41orang (100%), peningkatan hasil belajar aspek keterampilan dari ketuntasan 23 orang (56%) menjadi ketuntasan 41 orang (100%). Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dapat meningkatkan hasil belajar PJOK materi passing atas dan passing bawah bola voli. Untuk itu disarankan bagi guru untuk memilih model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) pada Penelitian Tindakan Kelas jika ingin mengatasi masalah hasil belajar dan keaktifan peserta didik
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Project Based Learning, Hasil belajar, PJOK, Passing |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Olahraga dan Kesehatan > Jurusan Pendidikan Olahraga > Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi (S1) |
Depositing User: | NASTA DEA ANANDA |
Date Deposited: | 28 Jun 2025 13:47 |
Last Modified: | 28 Jun 2025 13:47 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/24951 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |