Lippi, Elsa Claudia (2025) PENGEMBANGAN VIDEO ANIMASI INTERAKTIF BERORIENTASI PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPAS SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR NEGERI 1 PANJI ANOM TAHUN PELAJARAN 2024/2025. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2111021003-COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2111021003-ABSTRAK.pdf Download (175kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111021003-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (291kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111021003-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (388kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 KAJIAN TEORI)
2111021003-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (557kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111021003-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2111021003-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (244kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111021003-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (227kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2111021003-LAMPIRAN.pdf Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas III pada mata pelajaran IPAS, yang disebabkan oleh kurangnya media pembelajaran yang menarik dan sesuai dengan karakteristik peserta didik. Tujuan penelitian ini untuk (1) Untuk mendeskripsikan rancang bangun media video animasi interaktif berorientasi pendekatan kontekstual pada mata pelajaran IPAS siswa kelas III Sekolah Dasar Negeri 1 Panji Anom. (2) Untuk menganalisis validitas video animasi interaktif berorientasi pendekatan kontekstual pada mata pelajaran IPAS siswa kelas III Sekolah Dasar Negeri 1 Panji Anom. (3) Untuk menganalisis kepraktisan media video animasi interaktif berorientasi pendekatan kontekstual pada mata pelajaran IPAS siswa kelas III Sekolah Dasar Negeri 1 Panji Anom. (4) Untuk menguji efektivitas media video animasi interaktif berorientasi pendekatan kontekstual pada mata pelajaran IPAS siswa kelas III Sekolah Dasar Negeri 1 Panji Anom. Model pengembangan yang digunakan dalam pengembangan video adalah ADDIE. Metode ADDIE adalah metode sistematis yang terdiri dari lima tahapan utama yaitu analisis, perancangan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data berupa kuesioner dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dan analisis statistika inferensial uji-t. Hasil penelitian ini, yaitu (1) rancangan video animasi interaktif berupa naskah video animasi, (2) media video animasi interaktif yang memiliki validitas isi, desain, dan media pembelajaran dengan kategori sangat baik, (3) media video yang memiliki tingkat kepraktisan yang sangat baik melalui uji perorangan dan kelompok. Hasil uji efektivitas melalui uji-t diperoleh t-hitung 19.869 lebih dari t-tabel 2,001 sehingga H1 diterima. Dengan demikian terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar sebelum dan sesudah menggunakan video animasi interaktif berorientasi pendekatan kontekstual. Rerata skor post-test lebih besar dari KKTP yaitu 70, sehingga dapat disimpulkan bahwa video animasi interaktif berorientasi pendekatan kontekstual efektif untuk meningkatkan hasil belajar IPAS.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan, Video animasi interaktif, pendekatan kontekstual, ADDIE, IPAS |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Ilmu Pendidikan, Psikologi dan Bimbingan > Program Studi Teknologi Pendidikan (S1) |
Depositing User: | Elsa Claudia Lippi |
Date Deposited: | 02 Jul 2025 02:20 |
Last Modified: | 02 Jul 2025 02:20 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/25023 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |