Pengaruh Kelompok Referensi Terhadap Minat Pembelian Iphone Melalui Brand Image di Kota Singaraja

Sarda, Gede Satria Adi (2025) Pengaruh Kelompok Referensi Terhadap Minat Pembelian Iphone Melalui Brand Image di Kota Singaraja. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2117041073-COVER.pdf

Download (967kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2117041073-ABSTRAK.pdf

Download (110kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2117041073-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (210kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2117041073-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (223kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2117041073-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (338kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2117041073-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (344kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2117041073-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (57kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2117041073-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (116kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2117041073-LAMPIRAN.pdf

Download (662kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh dari : (1) kelompok referensi terhadap brand image, (2) brand image terhadap minat pembelian, (3) kelompok referensi terhadap minat pembelian, (4) kelompok referensi terhadap minat pembelian Iphone melalui brand image di Kota Singaraja. Desain yang digunakan pada penelitian ini adalah kuantitatif kausal. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah karyawan yang bekerja pada semua sektor pekerjaan di Kota Singaraja dan berminat membeli Iphone. Terdapat tiga objek pada penelitian ini yaitu; kelompok referensi, brand image, dan minat pembelian. Purposive sampling digunakan dalam penelitian ini sebagai teknik pengumpulan sampel dengan jumlah sampel sebanyak 65 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner dan skala yang digunakan adalah skala likert. Pengujian kuesioner dilakukan dengan uji validitas dan reliabilitas. Sedangkan analisis data penelitian menggunakan analisis jalur dan diolah menggunakan program IBM SPSS 29.0 for Windows. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa : (1) kelompok referensi berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand image yang mengindikasikan bahwa semakin baik perspektif kelompok referensi terhadap Iphone maka semakin baik pula brand image dari Iphone, (2) brand image berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat pembelian yang mengindikasikan bahwa semakin positif brand image Iphone maka minat pembeliannya akan semakin meningkat, (3) kelompok referensi berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat pembelian yang mengindikasikan bahwa semakin baik informasi yang disampaikan kelompok referensi maka akan meningkatkan minat pembelian Iphone, dan (4) brand image mampu memediasi pengaruh kelompok referensi terhadap minat pembelian yang mengindikasikan bahwa brand image mampu menjadi mediator kelompok referensi dalam meningkatkan minat pembelian secara parsial.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: brand image, kelompok referensi, minat pembelian
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi > Jurusan Manajemen > Program Studi Manajemen (S1)
Depositing User: Gede Satria Adi Sarda
Date Deposited: 03 Jul 2025 03:20
Last Modified: 03 Jul 2025 03:20
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/25163

Actions (login required)

View Item View Item