PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD DI GUGUS TANGKUBAN PERAHU KECAMATAN MELAYA TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Mahendra, I Komang Agus Wisnu (2020) PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD DI GUGUS TANGKUBAN PERAHU KECAMATAN MELAYA TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1611031084-COVER.pdf

Download (568kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1611031084-ABSTRAK.pdf

Download (507kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611031084-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (340kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611031084-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (546kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611031084-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (563kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031084-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (736kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1611031084-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (284kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031084-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (312kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1611031084-LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan instrumen penilaian hasil belajar pada mata pelajaran IPA tema 8 Lingkungan Sahabat Kita materi untuk siswa kelas V SD. Pada penelitian ini, pengembangan yang dilakukan meggunakan model ADDIE, (Analisis, Perancangan, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi), tetapi dalam penelitian pengembangan ini hanya sampai pada tahap pengembangan. Metode pengumpulan data menggunakan metode tes. Instrumen yang digunakan untuk menilai hasil belajar IPA yaitu dengan tes objektif pilihan ganda. Data yang diperoleh kemudian dianalisis validitas dan reliabilitas instrumen. Hasil analisis menunjukkan bahwa uji validitas instrumen hasil belajar sebesar 1,00 dan hasil uji reliabilitas instrumen sebesar 1,00. Hal ini menunjukkan bahwa instrumen penilaian hasil belajar IPA berada pada kriteria “sangat tinggi”. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa pengembangan instrumen ini sudah tepat dan layak digunakan sebagai alat evaluasi atau penilaian hasil belajar yang akurat pada aspek kognitif hasil belajar IPA siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: instrumen hasil belajar IPA, model ADDIE.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: I Komang Agus Wisnu Mahendra
Date Deposited: 27 Jul 2020 19:56
Last Modified: 27 Jul 2020 19:56
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/2524

Actions (login required)

View Item View Item