Prabanitha, Made Indah (2020) KORELASI ANTARA GAYA BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD GUGUS III KECAMATAN BUSUNGBIU TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.
Text (COVER)
1611031140-COVER.pdf Download (674kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1611031140-ABSTRAK.pdf Download (140kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611031140-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (121kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611031140-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (189kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611031140-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (242kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031140-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (404kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1611031140-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (108kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031140-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (136kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1611031140-LAMPIRAN.pdf Download (6MB) |
Abstract
Hasil belajar IPA siswa di kelas IV dapat dikatakan bervariasi. Hal tersebut dikarenakan gaya belajar yang dimiliki siswa berbeda-beda dan kurangnya peran aktif siswa saat proses pembelajaran. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui korelasi antara gaya belajar visual, auditorial, dan kinestetik dengan hasil belajar IPA siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian expost facto. Populasi penelitian ini berjumlah 159 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik proporsional random sampling dengan jumlah sampel 132 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan, yaitu kuisioner/angket dan pencatatan dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat korelasi positif dan signifikan antara gaya belajar visual dengan hasil belajar IPA dengan kotribusi sebesar 86%; (2) terdapat korelasi positif dan signifikan antara gaya belajar auditorial dengan hasil belajar IPA dengan kontribusi sebesar 61%; dan (3) terdapat korelasi positif dan signifikan antara gaya belajar kinestetik dengan hasil belajar IPA dengan kontribusi sebesar 33%. Maka dari itu, terdapat korelasi positif dan signifikan antara gaya belajar visual, auditorial, dan kinestetik dengan hasil belajar IPA siswa kelas IV SD. Saran yang bisa diberikan untuk siswa adalah memaksimalkan penggunaan gaya belajar yang sesuai, untuk guru disarankan memadukan berbagai metode mengajar sesuai dengan ketiga gaya belajar siswa, bagi sekolah disarankan untuk mendukung ketersediaan sarana dan prasarana, dan bagi peneliti lain disarankan untuk melaksanakan penelitian yang lebih mendalam terkait dengan hasil belajar IPA dan gaya belajar. Kata kunci: hasil belajar IPA, gaya belajar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: hasil belajar IPA, gaya belajar. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | MADE INDAH PRABANITHA |
Date Deposited: | 27 Jul 2020 13:27 |
Last Modified: | 27 Jul 2020 13:27 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/2546 |
Actions (login required)
View Item |