Astuti, Luh Puspita Widya (2020) Pengaruh Model Student Facilitator And Explaining Berbantuan Media Pop Up Terhadap Keterampilan Berbicara Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SD Gugus I Gusti Ketut Pudja Denpasar. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1611031003-COVER.pdf Download (573kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1611031003-ABSTRAK.pdf Download (73kB) |
|
Text (BAB I PENDAHULUAN)
1611031003-BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (148kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611031003-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (141kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611031003-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (316kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031003-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Download (210kB) |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1611031003-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (127kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031003-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (167kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1611031003-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model student facilitator and explaining berbantuan media pop up terhadap keterampilan berbicara Bahasa Indonesia siswa kelas V SD Gugus I Gusti Ketut Pudja Denpasar Selatan yang dilaksanakan pada Tahun Ajaran 2019/2020. Quasi eksperimen adalah jenis dari penelitian ini serta Nonequivalent Control Group Design sebagai rancangan penelitian. Sejumlah 154 populasi yang terbagi menjadi 4 kelas dan pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling. Setelah melalui teknik pengundian, SD N 1 Renon dan SD N 3 Renon terpilih menjadi sampel. Instrumen penelitian yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes perbuatan dengan jenis tes bercerita yang berpacu pada rubrik kebahasaan. Data post-test dianalisis menggunakan uji-t dengan rumus polled varians. 78,57 adalah rata-rata nilai post-test dikelompok eksperimen dan 69,74 dikelompok kontrol. Pada hasil analisis uji-t didapatkan thitung = 3,31 serta pada taraf signifikansi 5% dan dk = 78 didapat ttabel = 1,99 sehingga thitung > ttabel dan H0 ditolak (gagal diterima). Maka terdapat perbedaan keterampilan berbicara Bahasa Indonesia antara kelompok yang menerapkan model student facilitator and explaining berbantuan media pop up dan kelompok yang menerapkan pembelajaran konvensional. Dengan ini disimpulkan bahwasannya model student facilitator and explaining berbantuan media pop up berpengaruh yang signifikan terhadap keterampilan berbicara Bahasa Indonesia kelas V SD Gugus I Gusti Ketut Pudja Denpasar Selatan Tahun Ajaran 2019/2020.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Student, Facilitator. And, Explaining, Media, Pop, Up |
Subjects: | P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Luh Puspita Widya Astuti |
Date Deposited: | 27 Jul 2020 19:59 |
Last Modified: | 27 Jul 2020 19:59 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/2551 |
Actions (login required)
View Item |