Anggreni, Ni Komang Ratna (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SERU BELAJAR PEMBAGIAN (SEBARGI) BERBASIS PBL PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI PEMBAGIAN SISWA KELAS III SD NEGERI 11 KESIMAN. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2111031456-COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2111031456-ABSTRAK.pdf Download (223kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031456-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (262kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031456-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (344kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031456-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (816kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031456-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (56MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031456-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (241kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031456-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (221kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2111031456-LAMPIRAN.pdf Download (35MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan rancang bangun media pembelajaran seru belajar pembagian (Sebargi) berbasis PBL pada mata pelajaran Matematika materi pembagian. (2) mengetahui kelayakan media pembelajaran seru belajar pembagian (Sebargi) berbasis PBL pada mata pelajaran Matematika materi pembagian, (3) mengetahui efektivitas media pembelajaran Seru Belajar Pembagian (Sebargi) berbasis PBL pada mata pelajaran Matematika materi pembagian. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode kuesioner dan tes. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif, analisis kuantitatif, dan analisis statistik inferensial uji-t. Hasil penelitian pengembangan ini menunjukkan bahwa: (1) media pembelajaran sebargi merupakan media digital yang disusun berdasar flowchart, storyboard, isi materi, video pembelajaran, dan modul ajar. Media pembelajaran sebargi menyajikan materi konsep pembagian dan pembagian bersusun dengan menggabungkan elemen visual, video, teks, serta animasi yang menarik, dan mudah diakses oleh siswa. (2) kelayakan media pembelajaran sebargi berbasis PBL berdasarkan hasil uji materi pembelajaran mendapatkan skor 93,75% setelah direvisi, hasil uji desain pembelajaran mendapatkan skor 95% setelah direvisi, hasil uji media pembelajaran mendapatkan skor 90,63%, setelah direvisi, hasil uji perorangan mendapatkan skor 94%, hasil uji kelompok kecil mendapatkan skor 92,49%. dengan keseluruhan persentase skor berada pada kualifikasi sangat baik, serta (3) hasil uji efektivitas produk memperoleh t-hitung = 4,29 > t-tabel = 1,70 pada taraf signifikansi 5% untuk dk = 28 sehingga sehingga H_0 ditolak dan H_1 diterima yang berbunyi nilai rata-rata post-test lebih dari KKTP yang menunjukan bahwa terdapat perubahan signifikan pada hasil belajar siswa setelah penggunaan media pembelajaran sebargi berbasis PBL. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa, media pembelajaran sebargi berbasis PBL efektif digunakan pada pembelajaran matematika materi pembagian di kelas III.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Multimedia Pembelajaran, PBL, Pelajaran Matematika, Pembagian |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Komang Ratna Anggreni |
Date Deposited: | 18 Jul 2025 01:14 |
Last Modified: | 18 Jul 2025 01:14 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/25725 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |