PENGEMBANGAN PANDUAN KONSELING COGNITIVE BEHAVIOR THERAPY DENGAN TEKNIK RESTRUKTURISASI KOGNITIF UNTUK MENGATASI KECEMASAN SISWA KORBAN BULLYING DI SMP NEGERI 4 BEBANDEM

Deantini, Ni Luh (2025) PENGEMBANGAN PANDUAN KONSELING COGNITIVE BEHAVIOR THERAPY DENGAN TEKNIK RESTRUKTURISASI KOGNITIF UNTUK MENGATASI KECEMASAN SISWA KORBAN BULLYING DI SMP NEGERI 4 BEBANDEM. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2111011007-COVER.pdf

Download (475kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2111011007-ABSTRAK.pdf

Download (258kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111011007-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (244kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111011007-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (350kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELTIAN)
2111011007-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (331kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111011007-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (683kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2111011007-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (233kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSATAKA)
2111011007-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (200kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2111011007-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat validitas isi buku panduan konseling cognitive behavior therapy menggunakan teknik restrukturisasi kognitif terhadap kecemasan pada siswa korban bullying. Penelitian ini dirancang dengan menerapkan model pengembangan 4D (Define, Disign, Develop, dan Disseminate). Proses validasi isi terhadap buku panduan dilakukan oleh 5 (lima) orang ahli, yang meliputi 2 (dua) dosen dari bidang Bimbingan dan Konseling, 1 (satu) dosen dari bidang Teknologi Pendidikan, serta 2 (dua) praktisi guru Bimbingan dan Konseling. Penilaian dilakukan dengan menggunakan instrumen AAF (Acceptability, Accessibility, dan Feasebility) guna mengetahui tingkat penerimaan, aksesibilitas, dan nilai kebermanfaatannya. Skala ini memiliki 14 butir pernyataan. Analisis validitas isi dilakukan dengan menggunakan formulasi perhitungan Content Validity Rasio (CVR) dengan hasil analisis sebesar 1 yang menyatakan buku panduan masuk pada kategori baik untuk digunakan. Penelitian ini menggunakan tiga orang siswa korban bullying dengan kategori kecemasan sangat berat sebagai subjek penelitian. Penelitian ini menerapkan desain penelitian Single Subject Research (SSR) dengan pola A-B-A dalam mengukur efektivitas buku panduan yang menyatakan bahwa buku panduan sangat efektif digunakan untuk mengatasi kecemasan siswa. Uji statistik juga dilakukan dengan Wilcoxon Signed Rank Test dengan hasil p<0,05 yang menyatakan intervensi konseling CBT teknik restrukturisasi kognitif dapat mengatasi kecemasan siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: CBT1, Restrukturisasi Kognitif2, Buku Panduan3, Kecemasan4, Bullying5
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Ilmu Pendidikan, Psikologi dan Bimbingan > Program Studi Bimbingan Konseling (S1)
Depositing User: Ni Luh Deantini
Date Deposited: 18 Jul 2025 01:16
Last Modified: 18 Jul 2025 01:16
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/25726

Actions (login required)

View Item View Item