Sari, Ayu Vita Rossita (2025) EFEKTIVITAS MODEL DISCOVERY LEARNING BERBASIS EDMODO TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI USAHA DAN PESAWAT SEDERHANA KELAS VIII DI MTs NEGERI 7 BANYUWANGI. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.
![]() |
Text (COVER)
1713071049-COVER.pdf Download (465kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
1713071049-ABSTRAK.pdf Download (37kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1713071049-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (137kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1713071049-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (469kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1713071049-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (298kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1713071049-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (138kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
1713071049-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (51kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1713071049-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (136kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
1713071049-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas pendekatan Discovery learning berbasis Edmodo terhadap hasil belajar siswa pada materi usaha dan pesawat sederhana di kelas VIII MTs Negeri 7 Banyuwangi. Penelitian menggunakan metode quasi experiment dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Sampel terdiri dari dua kelas, yakni kelas eksperimen yang menggunakan pendekatan Discovery learning berbantuan Edmodo dan kelas kontrol yang menggunakan pendekatan Direct Instruction. Instrumen yang digunakan berupa tes pretest dan posttest dengan analisis data mencakup uji normalitas, homogenitas, uji-t, serta perhitungan N-gain. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada hasil belajar siswa di kelas eksperimen dibandingkan kelas kontrol, dengan rata-rata skor N-gain sebesar 92,10% di kelas eksperimen dan 2,88% di kelas kontrol. Temuan ini mengindikasikan bahwa pendekatan Discovery learning berbasis Edmodo lebih efektif dalam meningkatkan pemahaman kognitif siswa. Oleh karena itu, pendekatan ini direkomendasikan sebagai strategi pembelajaran yang inovatif dan interaktif dalam menunjang kualitas pendidikan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Discovery learning, Edmodo, Direct Instruction, hasil belajar, pesawat sederhana |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan IPA (S1) |
Depositing User: | AYU VITA ROSSITA SARI |
Date Deposited: | 25 Jul 2025 05:43 |
Last Modified: | 25 Jul 2025 05:43 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/25869 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |