Pengaruh Strategi Pembelajaran Flipped Classroom Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Pembelajaran Biologi Kelas X SMA N 1 Sukasada

Landari, Ni Made Sintia (2020) Pengaruh Strategi Pembelajaran Flipped Classroom Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Pembelajaran Biologi Kelas X SMA N 1 Sukasada. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1613041015-COVER.pdf

Download (438kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1613041015-ABSTRAK.pdf

Download (113kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1613041015-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (125kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1613041015-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (360kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1613041015-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (245kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1613041015-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (310kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1613041015-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (112kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1613041015-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (115kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1613041015-LAMPIRAN.pdf

Download (975kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan berpikir kritis siswa antara siswa yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran Flipped Classroom dan model pembelajaran direct instruction. Penelitian eksperimental semu (quasi experimental) ini menggunakan rancangan penelitian Non-equivalent pretest posttest control group design. Variabel terikat berupa berpikir kritis yang di data dengan 8 soal essay. Pendataan sebelum dan sesudah pembelajaran terhadap 28 sampel selama 4 kali. Data yang diperoleh di analisis dengan uji anova pada taraf signifikansi 5%. Hasil menunjukan terdapat perbedaan yang lebih baik pada kemampuan berpikir kritis antar kelompok siswa yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran flipped calssroom dan model pembelajaran konvenional pada siswa kelas X SMA N 1 Sukasada hal ini dapat dilihat dari nilai sig= 0,03 yang menunjukan nilai ini kurang dari 0,05 sehingga terdapat perbedaan strategi pembelajaran flipped classroom terhadap berpikir kritis siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Flipped Classroom, Berpikir Kritis
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Biologi dan Perikanan Kelautan > Program Studi Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Ni Made Sintia Landari
Date Deposited: 28 Jul 2020 07:00
Last Modified: 28 Jul 2020 07:00
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/2588

Actions (login required)

View Item View Item