Saputra, I Putu Agus Jaya (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN POGIL BERBANTUAN MEDIA KARTU BERPASANGAN TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VI SD DI GUGUS IV KECAMATAN BEBANDEM. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.
![]() |
Text (COVER)
2111031309-COVER.pdf Download (850kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2111031309-ABSTRAK.pdf Download (253kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031309-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (170kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031309-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (222kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031309-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (515kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031309-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (546kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031309-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (151kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031309-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (266kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2111031309-LAMPIRAN.pdf Download (12MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan model pembelajaran POGIL (Process Oriented Guided Inquiry Learning) berbantuan kartu berpasangan terhadap hasil belajar Matematika siswa kelas VI SD di Gugus IV Kecamatan Bebandem Tahun Ajaran 2024/2025. Penelitian ini merupakan penelitian semu (quasi experiment) dengan desain non-equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VI SD di Gugus IV Kecamatan Bebandem sebanyak 157 siswa. Sampel diambil menggunakan teknik cluster random sampling, dan diperoleh dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol, masing-masing terdiri atas 14 siswa. Data dikumpulkan menggunakan tes hasil belajar dalam bentuk pilihan ganda. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t. Hasil analisis menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa kelompok eksperimen sebesar 26,21 dan kelompok kontrol sebesar 20,21. Hasil perhitungan uji-t menunjukkan nilai thitung=5,62 dan ttabel=2,055 pada taraf signifikansi 5% (db = 26). Karena thitung>ttabel, maka H₀ ditolak dan H₁ diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran POGIL berbantuan kartu berpasangan berpengaruh secara signifikan terhadap Hasil Belajar Matematika siswa kelas VI SD di Gugus IV Kecamatan Bebandem Tahun Ajaran 2024/2025.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: POGIL, Kartu Berpasangan, Matematika, SD |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | I Putu Agus Jaya Saputra |
Date Deposited: | 24 Jul 2025 01:18 |
Last Modified: | 24 Jul 2025 01:18 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/25952 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |