PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN POGIL BERBANTUAN MEDIA KARTU BERPASANGAN TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VI SD DI GUGUS IV KECAMATAN BEBANDEM

Saputra, I Putu Agus Jaya (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN POGIL BERBANTUAN MEDIA KARTU BERPASANGAN TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VI SD DI GUGUS IV KECAMATAN BEBANDEM. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.

[img] Text (COVER)
2111031309-COVER.pdf

Download (850kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2111031309-ABSTRAK.pdf

Download (253kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031309-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (170kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031309-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (222kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031309-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (515kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031309-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (546kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031309-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (151kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031309-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (266kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2111031309-LAMPIRAN.pdf

Download (12MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan model pembelajaran POGIL (Process Oriented Guided Inquiry Learning) berbantuan kartu berpasangan terhadap hasil belajar Matematika siswa kelas VI SD di Gugus IV Kecamatan Bebandem Tahun Ajaran 2024/2025. Penelitian ini merupakan penelitian semu (quasi experiment) dengan desain non-equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VI SD di Gugus IV Kecamatan Bebandem sebanyak 157 siswa. Sampel diambil menggunakan teknik cluster random sampling, dan diperoleh dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol, masing-masing terdiri atas 14 siswa. Data dikumpulkan menggunakan tes hasil belajar dalam bentuk pilihan ganda. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t. Hasil analisis menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa kelompok eksperimen sebesar 26,21 dan kelompok kontrol sebesar 20,21. Hasil perhitungan uji-t menunjukkan nilai thitung=5,62 dan ttabel=2,055 pada taraf signifikansi 5% (db = 26). Karena thitung>ttabel, maka H₀ ditolak dan H₁ diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran POGIL berbantuan kartu berpasangan berpengaruh secara signifikan terhadap Hasil Belajar Matematika siswa kelas VI SD di Gugus IV Kecamatan Bebandem Tahun Ajaran 2024/2025.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: POGIL, Kartu Berpasangan, Matematika, SD
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: I Putu Agus Jaya Saputra
Date Deposited: 24 Jul 2025 01:18
Last Modified: 24 Jul 2025 01:18
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/25952

Actions (login required)

View Item View Item