PENGEMBANGAN E-MODUL EKSPLORATIF DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI USAHA DAN PESAWAT SEDERHANA KELAS VIII SMP

Dana, I Komang Semara (2025) PENGEMBANGAN E-MODUL EKSPLORATIF DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI USAHA DAN PESAWAT SEDERHANA KELAS VIII SMP. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
20130712021- COVER.pdf

Download (603kB)
[img] Text (ABSTRAK)
20130712021- ABSTRAK.pdf

Download (278kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
20130712021- BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (307kB)
[img] Text (BAB II KAJIAN TEORI)
20130712021- BAB II KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (449kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III METODELOGI PENELITIAN)
20130712021-BAB III METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (436kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
20130712021-BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V PENUTUP)
20130712021-BAB V PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (208kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
20130712021-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (243kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
20130712021-LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan dan mendeskripsikan karakteristik, tingkat validitas, kepraktisan, dan e-Modul eksploratif berbasis Problem-Based Learning (PBL) pada materi Usaha dan Pesawat Sederhana untuk siswa kelas VIII SMP. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, and Evaluation), namun pada penelitian ini dibatasi sampai tahap development dengan uji validitas, uji kepraktisan, dan uji keterbacaan. Subjek penelitian ini terdiri dari 2 orang dosen ahli media dan isi sebagai validator, 1 orang guru IPA di SMP Negeri 3 Kubu sebagai subjek uji kepraktisan, dan 10 orang peserta didik SMP Negeri 3 Kubu sebagai subjek uji keterbacaan. Metode pengumpulam data yang digunakan adalah wawancara dan angket. Instrumen yang digunakan adalah angket untuk mengambil data validitas, kepraktisan, dan keterbacaan. Hasil penelitian menunjukan bahwa karakteristik dari e-Modul ini yakni e-Modul Usaha dan Pesawat Sederhana disajikan secara kontekstual agar siswa dapat mengaitkan materi dengan kehidupan nyata, dan disajikan melalui aplikasi dengan menggunakan struktur e-Modul mengikuti sintak pembelajaran problem based learning. Hasil uji validitas memperoleh skor sebesar 0,83 dengan katagori sangat valid, hasil uji kepraktisan mendapatkan skor 83,07% dengan katagori sangat praktis, dan hasil uji keterbacaan mendapatkan skor 93,6% dengan katagori sangat terbaca. Berdasarkan hasil tersebut e-Modul eksploratif berbasis Problem-Based Learning (PBL) pada materi Usaha dan Pesawat Sederhana yang dikembangkan layak diuji ketahap selanjutnya yakni uji efektivitas pada tahap implementation.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: E-Modul eksploratif, Problem-Based Learning, Usaha dan Pesawat Sederhana, ADDIE, IPA SMP
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan IPA (S1)
Depositing User: I Komang Semara Dana
Date Deposited: 25 Jul 2025 05:46
Last Modified: 25 Jul 2025 05:46
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/25972

Actions (login required)

View Item View Item