PENGEMBANGAN MEDIA PETA INTERAKTIF TENTANG MATERI SEBARAN FLORA DAN FAUNA INDONESIA PADA PEMBELAJARAN GEOGRAFI DI SMA NEGERI 1 PENEBEL

Narasrestha, Ni Kadek Indrena Gupta (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PETA INTERAKTIF TENTANG MATERI SEBARAN FLORA DAN FAUNA INDONESIA PADA PEMBELAJARAN GEOGRAFI DI SMA NEGERI 1 PENEBEL. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2114031023-COVER.pdf

Download (875kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2114031023-ABSTRAK.pdf

Download (148kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2114031023-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (432kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2114031023-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (600kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2114031023-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2114031023-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (687kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2114031023-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (171kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2114031023-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (150kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2114031023-LAMPIRAN.pdf

Download (899kB)

Abstract

Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 1 Penebel dengan tujuan untuk menganalisis (1) proses pengembangan peta interaktif dalam pembelajaran geografi, (2) kevalidan dan kepraktisan media peta interaktif yang dikembangkan, dan (3) efektivitas penggunaan peta interaktif dalam meningkatkan pemahaman siswa tentang materi pelajaran geografi. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 1 Penebel dengan menggunakan desain penelitian dan pengembangan model ADDIE. Data penelitian dikumpulkan dengan observasi, wawancara, angket validasi, angket kepraktisan, dan tes berupa pretest dan posttest yang selanjutnya dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif, dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) proses pengembangan media peta interaktif dilakukan melalui empat tahapan, yaitu analisis, desain, pengembangan, serta implementasi & evaluasi, (2) media peta interaktif yang dikembangkan memiliki kevalidan sangat valid berdasarkan penilaian oleh ahli, sedangkan melalui uji eksternal dengan penilaian dilakukan oleh guru dan siswa memiliki kepraktisan sangat baik, dan (3) efektivitas media peta interaktif dalam meningkatkan pemahaman siswa tentang materi sebaran flora fauna tergolong efektif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: media peta interaktif, flora fauna, pembelajaran geografi
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Hukum dan Ilmu Sosial > Jurusan Geografi > Program Studi Pendidikan Geografi (S1)
Depositing User: NI KADEK INDRENA GUPTA NARASRESTHA
Date Deposited: 25 Jul 2025 01:07
Last Modified: 25 Jul 2025 01:07
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/26011

Actions (login required)

View Item View Item