TEACHERS’ PRACTICE AND PERCEPTION IN IMPLEMENTING TECHNOLOGY-MEDIATED TASK-BASED LANGUAGE TEACHING IN SMPN 6 SINGARAJA

Tarigan, Elsaday Marsanda (2025) TEACHERS’ PRACTICE AND PERCEPTION IN IMPLEMENTING TECHNOLOGY-MEDIATED TASK-BASED LANGUAGE TEACHING IN SMPN 6 SINGARAJA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (2112021059-COVER)
2112021059-COVER.pdf

Download (848kB)
[img] Text (2112021059-ABSTRAK)
2112021059-ABSTRAK (1).pdf

Download (150kB)
[img] Text (2112021059-BAB 1 PENDAHULUAN)
2112021059-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (203kB)
[img] Text (2112021059-BAB 2 KAJIAN TEORI)
2112021059-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (282kB) | Request a copy
[img] Text (2112021059-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2112021059-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (371kB) | Request a copy
[img] Text (2112021059-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2112021059-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (2112021059-BAB 5 PENUTUP)
2112021059-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (186kB) | Request a copy
[img] Text (2112021059-DAFTAR PUSTAKA)
2112021059-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (214kB)
[img] Text (2112021059-LAMPIRAN)
2112021059-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi praktik dan perspektif guru bahasa Inggris di kelas VII di SMP Negeri 6 Singaraja mengenai implementasi pengajaran bahasa berbasis tugas yang dimediasi teknologi (TMTBLT). Pendekatan kualitatif dasar digunakan untuk menyelidiki fenomena ini. Data dikumpulkan melalui observasi kelas, dokumen study, kuisioner dan wawancara, kemudian dianalisis menggunakan content analisis dari Krippendorff untuk mengidentifikasi praktik pengajaran dan persepsi guru tentang TMTBLT. Temuan menunjukkan bahwa para guru memahami prinsip-prinsip TMTBLT dan mengakui keunggulannya. Namun, masih ada tantangan terkait penerapan praktisnya, seperti sumber daya teknologi yang terbatas dan ukuran kelas yang besar dengan jumlah siswa yang banyak. Para guru cenderung menggunakan teknologi seperti PowerPoint dan learning video dari YouTube. Namun, mengelola tugas kolaboratif dalam kelompok besar sering kali menghasilkan keterlibatan dan partisipasi yang tidak merata yang tidak sesuai dengan kontribusi yang diharapkan dari dinamika kelompok. Penelitian menggarisbawahi perlunya penyediaan infrastruktur yang lengkap di sekolah serta pelatihan yang berfokus pada TMTBLT, sehingga para guru mampu mengimplementasikan metode TMTBLT dengan lebih efektif. Penelitian ini menyoroti bahwa dukungan diperlukan untuk membantu guru memaksimalkan pemanfaatan metode TMTBLT, yang bertujuan untuk mendorong pengalaman belajar yang aktif dan kolaboratif yang bermakna bagi siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: EFL, Communicative Language Teaching, TBLT, TMTBLT, Pandangan Guru, TMTBLT praktik, Manfaat dan Tantangan dari implementasi TMTBLT
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1)
Depositing User: Elsaday Marsanda Tarigan
Date Deposited: 25 Jul 2025 04:56
Last Modified: 25 Jul 2025 04:56
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/26045

Actions (login required)

View Item View Item