Nayanti, Ni Putu Rekita (2025) PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING BERBASIS KONSTEKTUAL TERHADAP KEMAMPUAN KREATIVITAS SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS SISWA SEKOLAH DASAR DI GUGUS IV KECAMATAN SAWAN KABUPATEN BULELENG. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2011031125-COVER.pdf Download (453kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2011031125-ABSTRAK.pdf Download (200kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2011031125-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (299kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2011031125-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (463kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2011031125-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (596kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2011031125-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (426kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2011031125-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (169kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2011031125-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (209kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2011031125-LAMPIRAN.pdf Download (7MB) |
Abstract
ABSTRAK Pembelajaran yang menyenangkan, kreatif dan menarik dapat membangkitkan keaktifan siswa dalam belajar dan tercapainya tujuan pembelajaran yang sudah direncanakan. Agar pembelajaran berjalan secara menarik, menyenangkan, dan efektif hendaknya guru dapat merencanakan pembelajaran yang bisa mengajak siswa lebih aktif dan kreatif dengan penggunaan perangkat pembelajaran sesuai dengan keadaan siswa. Model pembelajaran Project Based Learning dapat memberi kesempatan siswa untuk berpikir kritis dan mampu mengembangkan kreativitasnya melalui pengembangan inisiatif untuk menghasilkan keterampilan baru dalam memecahkan masalah berdasarkan pengalaman nyata secara mandiri. Model pembelajaran Project Based Learning dipadukan dengan pembelajaran konstektual mempengaruhi meningkatnya kreativitas dan hasil belajar siswa. Deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif digunakan sebagai teknik analisis data. Penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimen dengan menggunakan desain penelitian eksperimen Non equivalent Post-test Only Control Group Design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh model Project Based Learning berbasis kontekstual terhadap kemampuan kreativitas siswa pada mata pelajaran IPAS siswa dikarenakan hasil nilai signifikansi paired sampel t-test 0,000 < 0,005 dan hasil uji N-gain skor memperoleh hasil 0,7230 dapat disimpulkan bahwa model Project Based Learning berbasis kontekstual efektif dalam meningkatkan kreativitas dan hasil belajar IPAS siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Project Based Learning1, Konstekstual2, Kreativitas3, |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | NI PUTU REKITA NAYANTI |
Date Deposited: | 25 Jul 2025 02:38 |
Last Modified: | 25 Jul 2025 02:38 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/26052 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |