ANALISIS KESALAHAN SISWA MENYELESAIKAN SOAL NUMERASI AKM KELAS JENJANG SMK MENGGUNAKAN TEORI KASTOLAN

Hartaningsih, I Gusti Putu Ayu (2025) ANALISIS KESALAHAN SISWA MENYELESAIKAN SOAL NUMERASI AKM KELAS JENJANG SMK MENGGUNAKAN TEORI KASTOLAN. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2113011001-COVER.pdf

Download (789kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2113011001-ABSTRAK.pdf

Download (266kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2113011001-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (276kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2113011001-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (362kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2113011001-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (401kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2113011001-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2113011001-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (256kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2113011001-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (249kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2113011001-LAMPIRAN.pdf

Download (995kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis-jenis kesalahan menurut teori Kastolan yang sering dilakukan siswa SMK TI Global Singaraja ketika menyelesaikan soal AKM Kelas pada domain data dan ketidakpastian atau yang dalam mata pelajaran dikenal dengan istilah statistika dan peluang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK TI Global Singaraja semester II Tahun Ajaran 2024/2025 yang berjumlah 44 siswa yang terbagi menjadi 3 kelas. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar tes AKM Kelas, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian ditemukan kesalahan konseptual sebesar 34%, kesalahan prosedural sebesar 45%, dan kesalahan teknis sebesar 21%. Kesalahan konseptual terjadi karena siswa belum mampu memahami dengan baik konsep peluang, peluang majemuk, dan menemukan pola tersirat pada informasi yang diketahui dalam soal. Kesalahan prosedur sering terjadi karena ketidakmampuan siswa dalam menentukan langkah penyelesaian dan kebiasaan menulis langkah penyelesaian yang tidak lengkap, runtut, dan sistematis. Kesalahan teknis terjadi karena kesalahan perhitungan yang disebabkan oleh siswa salah menuliskan bilangan dan tidak menguasai operasi matematika dasar seperti perkalian dan pembagian.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Analisis kesalahan, teori Kastolan, AKM Kelas, SMK
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: I Gusti Putu Ayu Diah Hartaningsih
Date Deposited: 25 Jul 2025 04:02
Last Modified: 25 Jul 2025 04:02
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/26057

Actions (login required)

View Item View Item