Efektifitas Konseling Behavioral dengan Teknik Self Management untuk Meminimalisir Perilaku Prokrastinasi Akademik Pada Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 2 Singaraja

Udayana, I Wayan Devindra (2025) Efektifitas Konseling Behavioral dengan Teknik Self Management untuk Meminimalisir Perilaku Prokrastinasi Akademik Pada Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 2 Singaraja. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2111011025-COVER.pdf

Download (554kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2111011025-ABSTRAK.pdf

Download (217kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111011025-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (339kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111011025-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (373kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111011025-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (501kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111011025-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (495kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2111011025-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (311kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111011025-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (211kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2111011025-LAMPIRAN.pdf

Download (832kB)

Abstract

Prokrastinasi akademik merupakan kegiatan atau kebiasaan untuk menunda suatu pekerjaan atau tugas akademik, dan nantinya dikerjakan saat sudah berdekatan dengan waktu pengumpulan yang telah ditentukan. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu mengetahui keefektifan konseling behavioral dengan teknik Self Management untuk meminimalisir perilaku prokrastinasi akademik siswa pada siswa kelas VIII SMP N 2 Singaraja. Penelitian ini menggunakan pendekatan Quasi experimental design dengan metode non-equivalent control group design. Rancangan desain terdapat enam belas siswa yang dibagi menjadi dua kelompok dengan masing masing kelompok delapan orang yang disebut kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Pemilihan dari siswa tersebut berdasarkan hasil pretest yang telah dilakukan dengan menggunakan kuisioner prokrastinasi akademik. Penelitian ini mengunakan metode analisis data yaitu Uji t-test dan Effect Size dengan hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu diperoleh bahwa nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 dengan kriteria nilai Sig. (2-tailed) < 0,05, sehingga dengan demikian Ha diterima dan H0 ditolak. Maka dapat dapat disimpulkan bahwa konseling behavioral dengan teknik Self Management efektif untuk meningkatkan prokrastinasi akademik siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Akademik Prokrastinasi1, Behavioral Konseling2, Self Management Teknik3
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Ilmu Pendidikan, Psikologi dan Bimbingan > Program Studi Bimbingan Konseling (S1)
Depositing User: I Wayan Devindra Udayana
Date Deposited: 25 Jul 2025 05:20
Last Modified: 25 Jul 2025 05:20
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/26072

Actions (login required)

View Item View Item