Riswaray, Ni Luh Ayunisha (2025) INOVASI LKPD IPA ELEKTRONIK BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING BERMUATAN BUDAYA LOKAL UNTUK PESERTA DIDIK DI SMP. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2113071006-COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2113071006-ABSTRAK.pdf Download (268kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2113071006-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (354kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2113071006-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (501kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2113071006-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (396kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2113071006-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2113071006-BAB V PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (276kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf Download (249kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2113071006-LAMPIRAN.pdf Download (11MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan dan mendeskripsikan tingkat validitas, kepraktisan, dan keterbacaan LKPD IPA Elektronik berbasis problem based learning bermuatan budaya lokal untuk peserta didik SMP. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, and Evaluation), namun pada penelitian ini dibatasi sampai tahap development. Subjek penelitian ini terdiri dari 2 orang dosen ahli sebagai validator, 4 orang guru IPA di SMP Negeri 1 Sukasada sebagai subjek uji kepraktisan, dan 10 orang peserta didik SMP Negeri 1 Sukasada sebagai subjek uji keterbacaan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, angket, dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data pada wawancara digunakan melalui panduan wawancara dan pada uji validasi, kepraktisan, dan keterbacaan menggunakan instrumen dalam bentuk angket. Hasil penelitian menunjukan bahwa karakteristik dari LKPD IPA Elektronik ini yakni LKPD IPA elektronik disajikan dalam konteks budaya Bali yang diselaraskan dengan materi pesawat sederhana, yakni tradisi meamuk-amukan dengan tuas/pengungkit, ngaben dengan bidang miring, perakitan ogoh-ogoh dengan katrol, dan ayunan jantra dengan roda berporos. Disajikan melalui platform Google Site dengan menggunakan struktur LKPD IPA Elektronik mengikuti sintak pembelajaran problem based learning. Hasil uji validitas memperoleh skor sebesar 1,00 dengan kategori sangat valid, hasil uji kepraktisan mendapatkan skor 4,4 dengan kategori sangat praktis, dan hasil uji keterbacaan mendapatkan skor 4,2 dengan kategori terbaca. Berdasarkan hasil tersebut LKPD IPA Elektronik berbasis problem based learning bermuatan budaya lokal yang dikembangkan layak diuji ketahap selanjutnya yakni uji efektivitas pada tahap implementation.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | LKPD IPA Elektronik, Problem Based Learning, Budaya Bali, Model ADDIE |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan IPA (S1) |
Depositing User: | Ni Luh Ayunisha Riswaray |
Date Deposited: | 25 Jul 2025 07:54 |
Last Modified: | 25 Jul 2025 07:54 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/26083 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |