EFEKTIVITAS KONSELING KOGNITIF BEHAVIORAL DENGAN TEKNIK RESTRUKTURISASI KOGNITIF UNTUK MENINGKATKAN RESILIENSI AKADEMIK PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 DENPASAR

Pratiwi, Ni Kadek Devi Kesuma (2025) EFEKTIVITAS KONSELING KOGNITIF BEHAVIORAL DENGAN TEKNIK RESTRUKTURISASI KOGNITIF UNTUK MENINGKATKAN RESILIENSI AKADEMIK PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 DENPASAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2111011022-COVER.pdf

Download (530kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2111011022-ABSTRAK.pdf

Download (229kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111011022-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (265kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111011022-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (348kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111011022-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (384kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111011022-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (503kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2111011022-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (232kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111011022-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (224kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2111011022-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Resiliensi akademik merupakan kemampuan individu untuk dapat menjadi sosok yang tangguh dan mudah beradaptasi dengan baik jika dihadapi dengan segala kendala dan tantangan dalam lingkungan akademik. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui efektivitas konseling kognitif behavioral dengan teknik restrukturisasi kognitif untuk meningkatkan resiliensi akademik pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Denpasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan Quasi experimental dengan Desain non-equivalent pretest posttest control group. Subjek penelitian ini menggunakan kelompok eksperimen dan kelompok kontrol, dengan masing – masing anggota kelompok terdiri dari 8 siswa. Pemilihan anggota kelompok berdasarkan data dari penyebaran pre test dengan menggunakan kuesioner resiliensi akademik. Metode analisis data yang digunakan yaitu Uji t-test dan Effect Size. Hasil dari penelitian ini yaitu diperoleh bahwa nilai Sig.(2-tailed) sebesar 0,000 dengan kriteria nilai Sig.(2-tailed) < 0,05, sehingga dengan demikian Ha diterima dan H0 ditolak. Maka dapat dapat disimpulkan bahwa konseling kognitif behavioral dengan teknik restrukturisasi kognitif efektif untuk meningkatkan resiliensi akademik siswa. (tambahkan saran).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: konseling kognitif behavioral1, resiliensi akademik2, restrukturisasi3 kognitif, siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Ilmu Pendidikan, Psikologi dan Bimbingan > Program Studi Bimbingan Konseling (S1)
Depositing User: Ni Kadek Devi Kesuma Pratiwi
Date Deposited: 26 Jul 2025 01:16
Last Modified: 26 Jul 2025 01:16
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/26113

Actions (login required)

View Item View Item