Utami, Chrisna Putri Arief (2025) COHERENCE AND COHESION : AN ANALYSIS OF DESCRIPTIVE TEXT WRITTEN BY THE TENTH-GRADE STUDENTS OF SMA LAB UNDIKSHA ACADEMIC YEAR 2024/2025. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2112021172-COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2112021172-ABSTRAK.pdf Download (207kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2112021172-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (174kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2112021172-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (235kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN)
2112021172-BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (306kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2112021172-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (502kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2112021172-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (136kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2112021172-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (146kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2112021172-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis aspek koherensi dan kohesi dalam teks deskriptif yang ditulis oleh siswa kelas sepuluh SMA Lab Undiksha Tahun Ajaran 2024/2025. Fokus penelitian ini dibagi menjadi dua, yaitu untuk mengetahui tingkat koherensi dalam teks deskriptif siswa serta untuk mengidentifikasi jenis kohesi yang digunakan dalam teks tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Data penelitian berupa 15 teks deskriptif yang ditulis oleh siswa kelas sepuluh. Penilaian koherensi dilakukan menggunakan rubrik yang telah disesuaikan, sedangkan analisis kohesi mengacu pada teori Halliday dan Hasan (1976) yang mencakup lima jenis kohesi: referensi, substitusi, elipsis, konjungsi, dan kohesi leksikal. Hasil analisis menunjukkan bahwa sebagian besar teks deskriptif yang ditulis oleh siswa memiliki tingkat koherensi yang baik. Hal ini terlihat dari keberadaan kalimat utama, gagasan pendukung yang relevan, serta urutan ide yang runtut dan mudah dipahami. Selain itu, struktur generik teks deskriptif, yaitu identification dan description, juga diterapkan dengan tepat. Dari segi kohesi, kohesi leksikal merupakan jenis yang paling banyak digunakan, diikuti oleh referensi dan konjungsi. Sementara itu, penggunaan elipsis dan substitusi masih sangat terbatas. Temuan ini menunjukkan bahwa meskipun siswa telah mampu menulis teks yang koheren dan kohesif secara umum, mereka masih memerlukan penguatan pembelajaran dalam penggunaan perangkat kohesi yang lebih kompleks.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Koherensi, Kohesi, Teks Deskripsi |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1) |
Depositing User: | Chrisna Putri Arief Utami |
Date Deposited: | 26 Jul 2025 08:02 |
Last Modified: | 26 Jul 2025 08:02 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/26134 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |