Diah Purnami Dewi, Ni Putu (2025) PENGEMBANGAN MODUL AJAR BERBASIS PEMBELAJARAN PENEMUAN TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS VIII. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
1813011075-COVER.pdf Download (970kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
1813011075-ABSTRAK.pdf Download (192kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1813011075-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (289kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1813011075-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (317kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1813011075-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (447kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 PEMBAHASAN)
1813011075-BAB 4 PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (787kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
1813011075-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (258kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1813011075-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (233kB) |
![]() |
Text (DAFTAR LAMPIRAN)
1813011075-DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (11MB) |
Abstract
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan modul ajar berbasis pembelajaran penemuan terbimbing kelas VIII SMP yang memuat materi peluang. Modul ajar berbasis pembelajaran penemuan terbimbing ini disajikan dalam bentuk media cetak dan elektronik. Modul ajar ini dikembangkan dengan menggunakan model pengembangan 4-D (Define, Design, Development, Dissemination). Sebelum modul ajar ini diujicobakan, modul ajar ini telah melewati beberapa tahap pengujian yakni uji kelayakan baik secara isi maupun tampilan, uji kepraktisan melalui respons guru dan respons siswa, dan uji keefektifan melalui tes pemahaman konsep matematika. Uji kelayakan yang digunakan adalah LORI (Learning Object Review Instrument). Modul ajar ini dinyatakan sangat valid secara isi dengan perolehan rata-rata skor 4,90, sedangkan secara tampilan mendapatkan rata-rata skor 4,52 dengan kategori sangat valid. Berdasarkan hal tersebut, dapat disimpulkan bahwa modul ajar berbasis penemuan terbimbing sangat layak dan valid untuk digunakan. Modul ajar ini juga diuji kepraktisannya dengan menggunakan standar penilaian yang ditetapkan oleh BNSP (Badan Standar Nasional Pendidikan). Rata-rata skor respons guru diperoleh sebesar 4,44 dengan kategori sangat baik dan rata-rata skor respons siswa diperoleh sebesar 4,37 dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hal tersebut, dapat disimpulkan bahwa modul ajar berbasis pembelajaran penemuan terbimbing sangat praktis untuk digunakan. Selanjutnya, modul ajar ini diujicobakan ke 34 siswa kelas VIII di SMP Negeri 4 Sukasada. Berdasarkan hasil analisis tes pemahaman konsep, diperoleh rata-rata nilai pre-test sebesar 42,59 dan rata-rata nilai post-test sebesar 76,71. Dilakukan uji keefektifan dan diperoleh ketuntasan klasikal sebesar 82,35% dengan kategori sangat baik dengan rincian jumlah siswa tuntas sebanyak 28 orang, sedangkan siswa yang masih belum tuntas ada 6 orang. Sehingga modul ajar yang dikembangkan dapat dinyatakan layak dan dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa SMP kelas VIII.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | modul ajar, pembelajaran penemuan terbimbing, pemahaman konsep |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1) |
Depositing User: | Ni Putu Diah Purnami Dewi |
Date Deposited: | 04 Aug 2025 02:12 |
Last Modified: | 04 Aug 2025 02:12 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/26135 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |