Jhuniati, Ni Luh Putu (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PEER INSTRUCTION FLIPPED BERBANTUAN E-LKPD TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR INFORMATIKA PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 1 DENPASAR TAHUN PELAJARAN 2024/2025. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2329071017-COVER.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2329071017-ABSTRAK.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2329071017-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (264kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2329071017-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2329071017-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2329071017-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2329071017-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (212kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2329071017-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (242kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2329071017-LAMPIRAN.pdf Download (13MB) |
Abstract
Di era globalisasi dan digitalisasi saat ini, pengembangan keterampilan berpikir kritis dan kemandirian belajar menjadi sangat penting dalam pembelajaran informatika di sekolah menengah. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh model pembelajaran Peer Instruction Flipped berbantuan Lembar Kerja Peserta Didik elektronik (e-LKPD) terhadap kemampuan berpikir kritis dan kemandirian belajar peserta didik pada mata pelajaran Informatika. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 1 Denpasar pada tahun pelajaran 2024/2025 dengan menggunakan desain kuasi eksperimen one way nonequivalence posttest only control group design. Sampel terdiri atas 89 peserta didik yang dipilih secara acak dari populasi sebanyak 167 peserta didik. Data kemampuan berpikir kritis dikumpulkan melalui tes uraian dan data kemandirian belajar diperoleh melalui angket. Analisis data dilakukan dengan menggunakan Multivariate Analysis of Variance (MANOVA) pada taraf signifikansi 5%. Hasil analisis menunjukkan bahwa 1). Terdapat perbedaan signirk nsn 5%. Hasil kemampuan berpikir kritis dan kemandirian belajar informatika antara peserta didik yang dibelajarkan dengan model pembelajaran peer instruction flipped berbantuan E-LKPD dan peserta didik yang dibelajarkan dengan model Direct Instruction. 2). Terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis antara peserta didik yang dibelajarkan dengan model pembelajaran peer instruction flipped berbantuan E-LKPD dan peserta didik yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Direct Instruction. 3). Terdapat perbedaan kemandirian belajar informatika antara peserta didik yang dibelajarkan dengan model pembelajaran peer instruction flipped berbantuan E-LKPD dan peserta didik yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Direct Instruction. 4). Terdapat respon positif dari peserta didik terhadap penggunaan model pembelajaran peer instruction flipped berbantuan E-LKPD. Dengan demikian, dapat di simpulkan bahwa model Peer Instruction Flipped berbantuan e-LKPD efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kemandirian belajar peserta didik pada mata pelajaran Informatika.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Berfikir Kritis, Kemandirian Belajar, Model Pembelajaran Peer Instruction Flipped, E-LKPD |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Teknologi Pembelajaran (S2) |
Depositing User: | Ni Luh Putu Ary Jhuniati |
Date Deposited: | 27 Jul 2025 08:49 |
Last Modified: | 27 Jul 2025 08:49 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/26148 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |