Putri, Made Eldina Anissa (2025) PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MUATAN PELAJARAN IPAS KELAS IV SD MUTIARA SINGARAJA TAHUN PELAJARAN 2024/2025. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2011021029-COVER.pdf Download (609kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2011021029-ABSTRAK.pdf Download (299kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2011021029-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (378kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2011021029-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (398kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2011021029-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (713kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2011021029-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2011021029-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (375kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2011021029-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (277kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2011021029-LAMPIRAN.pdf Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk: (1) Mendeskripsikan proses dan rancang bangun pengembangan e-modul berbasis problem based learning, (2) Mendeskripsikan validitas pengembangan e-modul berbasis problem based learning, dan (3) Mengetahui efektivitas e-modul berbasis problem based learning pada muatan pelajaran IPAS siswa kelas IV Sekolah Dasar Mutiara Singaraja Tahun Pelajaran 2024/2025. Penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara, pencatatan dokumen, kuesioner, dan tes. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif, deskriptif kualitatif, dan analisis statistik inferensial uji-t. Subjek penelitian ini adalah ahli isi pembelajaran, ahli desain pembelajaran, ahli media pembelajaran, 3 orang siswa sebagai uji coba perorangan, 9 orang siswa sebagai uji coba kelompok kecil, dan 20 orang siswa untuk uji coba lapangan. Hasil penelitian ini adalah (1) E-modul dikembangkan dengan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan (analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi). (2) Validitas e-modul dari hasil uji ahli isi pembelajaran sebesar 92,30%, uji ahli desain pembelajaran sebesar 91,11%, uji ahli media pembelajaran sebesar 90,58%, uji coba perorangan sebesar 94,86%, uji coba kelompok kecil sebesar 94,01%, dan uji coba lapangan sebesar 92,53%, yang keseluruhan persentase skornya dikualifikasikan sangat baik. (3) Efektivitas e-modul dilihat dari uji-t yang menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan dari hasil belajar siswa antara sebelum dan sesudah menggunakan e-modul berbasis problem based learning pada muatan pelajaran IPAS dengan rata-rata pre-test 57 dan post-test 75,25 dengan hasil thitung uji-t sebesar -9,462 yang lebih besar dari ttabel yaitu 2,024. Maka dapat disimpulkan bahwa e-modul efektif digunakan untuk meningkatkan hasil belajar IPAS siswa kelas IV Sekolah Dasar Mutiara Singaraja.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan, E-Modul, Problem Based Learning, ADDIE, IPAS |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LC Special aspects of education T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Ilmu Pendidikan, Psikologi dan Bimbingan > Program Studi Teknologi Pendidikan (S1) |
Depositing User: | Made Eldina Anissa Putri |
Date Deposited: | 28 Jul 2025 02:40 |
Last Modified: | 28 Jul 2025 02:40 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/26186 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |