MurdiaPutri, Ketut (2025) USING PROJECT BASED LEARNING TO IMPROVE THE ABILITY OF THE GRADE 8 STUDENTS AT SMP NEGERI 1 BANGLI IN WRITING RECOUNT TEXT. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
1812021234-Cover.pdf Download (465kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
1812021234-Abstrak.pdf Download (101kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1812021234-Bab 1 Pendahuluan.pdf Download (382kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1812021234-Bab 2 Kajian Teori.pdf Restricted to Repository staff only Download (269kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN)
1812021234-Bab 3 Metodologi Penelitian.pdf Restricted to Repository staff only Download (246kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1812021234-Bab 4 Hasil dan Pembahasan.pdf Restricted to Repository staff only Download (349kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
1812021234-Bab 5 Penutup.pdf Restricted to Repository staff only Download (120kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1812021234-Daftar Pustaka.pdf Download (124kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
1812021234-Lampiran.pdf Download (278kB) |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis teks recount siswa kelas VIII G SMP Negeri 1 Bangli dengan melakukan penerapan model Project-Based Learning (PjBL). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang diambil berdasarkan penemuan dari model Kemmis & McTaggart, yang terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah 31 siswa dengan jumlah siswa laki-laki 15 orang dan jumlah siswa perempuan 16 orang. Penulis mengumpulkan data melalui tes tulis (pre-test dan post-test), observasi, interview, dan checklist evaluasi diri. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan skor menulis yang diperoleh siswa dari rata-rata 24,76 pada pre-test, menjadi 28,32 pada akhir siklus I, dan 31,89 pada akhir siklus II. Selain peningkatan skor, siswa juga menunjukkan sikap lebih kreatif, aktif, serta mampu merefleksikan proses belajarnya dengan lebih spesifik. Peningkatan yang didapatkan oleh siswa karena tahap-tahap pada setiap proses yang diikuti oleh siswa dengan baik. Temuan ini menunjukkan bahwa penerapan Project Based Learning (PjBL) dapat membantu siswa memahami struktur dan isi teks recount secara lebih baik serta meningkatkan keterampilan menulis secara bertahap. Project Based Learning yang berbasis pada proyek nyata dan relevan dengan kehidupan sehari-hari. Hal ini juga dapat endorong keterlibatan aktif siswa, dan mengembangkan berbagai keterampilan, seperti pemecahan masalah, kolaborasi, dan refleksi. Model ini juga mendorong kreativitas, kolaborasi, dan evaluasi diri dalam proses pembelajaran. Kata Kunci: Project-Based Learning, keterampilan menulis, teks recount, evaluasi diri, PTK
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Project-Based Learning, keterampilan menulis, teks recount, evaluasi diri, PTK |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1) |
Depositing User: | Pande Ketut Raina Murdia Putri |
Date Deposited: | 07 Aug 2025 08:04 |
Last Modified: | 07 Aug 2025 08:04 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/26194 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |