Kamalini, Ni Luh Putu Verunia (2025) IKLAN POLITIK PEMILIHAN GUBERNUR BALI 2024: KAJIAN SEMIOTIKA ROLAND BARTHES. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2112011009-COVER.pdf Download (649kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2112011009-ABSTRAK.pdf Download (233kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2112011009-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (241kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2112011009-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (332kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2112011009-BAB 3 METODE PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (195kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2112011009-BAB 4HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (850kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2112011009-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (203kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2112011009-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (263kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2112011009-LAMPIRAN.pdf Download (149kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan struktur dan mitos dalam iklan politik pada masa kampanye pemilihan Gubernur Bali 2024 serta menganalisis relevansinya terhadap komunikasi politik. Subjek penelitian ini adalah sembilan baliho kampanye dari pasangan calon yang tersebar di sejumlah kabupaten di Bali. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan dokumentasi untuk menganalisis 9 baliho kampanye yang tersebar di berbagai kabupaten di Bali. Data dikumpulkan menggunakan teknik observasi dan dokumentasi untuk mencatat elemen visual , tanda dan pesan yang digunakan dalam baliho politik. Teknik analisis data melibatkan langkah-langkah identifikasi data, reduksi data, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi komunikasi visual dalam baliho politik mengandung makna melalui simbol, warna dan komposisi desain yang berfungsi membangun citra kandidat. Mitos dalam baliho politik menciptakan narasi kepemimpinan ideal melalui representasi elemen nasionalisme. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa baliho politik efektif dalam membentuk opini publik dan menarik perhatian pemilih melalui strategi komunikasi visual. Penerapan semiotika dalam analisis iklan politik ini memberikan wawasan kontekstual yang dapat digunakan untuk memahami bagaimana iklan politik baliho berperan dalam membangun wacana politik. Penelitian ini memberikan kontribusi pada kajian Semiotika Roland Barthes, khususnya dalam memahami pengaruh tanda dan simbol dalam membentuk persepsi masyarakat terhadap kandidat politik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | iklan politik, baliho, semiotika Roland Barthes |
Subjects: | J Political Science > JA Political science (General) J Political Science > JC Political theory K Law > K Law (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah > Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1) |
Depositing User: | Ni Luh Putu Verunia Kamalini |
Date Deposited: | 28 Jul 2025 13:58 |
Last Modified: | 28 Jul 2025 13:58 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/26199 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |