PEMBELAJARAN CERITA FIKSI SEBAGAI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL PADA SISWA DWIBAHASA DI SMA TAMAN RAMA JIMBARAN

Mei Artini, Ni Nyoman (2025) PEMBELAJARAN CERITA FIKSI SEBAGAI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL PADA SISWA DWIBAHASA DI SMA TAMAN RAMA JIMBARAN. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2229011002-COVER.pdf

Download (846kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2229011002-ABSTRAK.pdf

Download (34kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2229011002-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (173kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2229011002-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (350kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2229011002-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (76kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2229011002-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (404kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2229011002-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (30kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2229011002-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (167kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2229011002-LAMPIRAN.pdf

Download (19MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan pemahaman siswa dwibahasa terhadap cerita fiksi berbasis multikultural yang mencakup hikayat, drama, dan novel (2) mendeskripsikan strategi guru dalam mengajarkan pendidikan multikultural pada siswa dwibahasa melalui pembelajaran cerita fiksi yang mencakup hikayat, drama, dan novel. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X, XI, XII dengan jumlah total 75 siswa yang berasal dari latar belakang budaya dan bahasa yang beragam, serta seorang guru pengampu mata pelajaran bahasa Indonesia. Objek penelitian ini berupa cerita fiksi berbasis multikultural yang meliputi hikayat, drama, dan novel. Data yang diperoleh dalam penelitian ini menggunakan teknik stratified random sampling yang bertujuan agar karakteristik sampel yang mewakili ke berbagai lapisan dapat diwakilkan sehingga sampel yang dipilih benar-benar representatif. Data dikumpulkan dengan observasi kelas, wawancara, dan tes. Teknik analisis data melibatkan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan berdasarkan pola-pola dalam pemahaman siswa terhadap cerita fiksi serta strategi yang guru gunakan dalam pembelajaran cerita fiksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran cerita fiksi berbasis multikultural mampu meningkatkan pemahaman siswa terhadap keragaman adat, agama, budaya, suku/etnis, menciptakan apresiasi terhadap nilai-nilai lokal dan mendorong pengembangan sikap toleransi di kalangan siswa. Strategi guru dalam pembelajaran cerita fiksi terbukti efektif untuk mendukung pendidikan multikultural. Terdapat beberapa strategi yang diterapkan oleh guru di kelas X, XI, XII dalam penelitian ini seperti menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi, memberikan motivasi kepada peserta didik, mengelola kelas dengan baik, merancang media pembelajaran yang efektif dan efisien, memberikan reward dan hadiah kepada siswa, serta membuat kelompok belajar. Selain itu, guru memanfaatkan media pembelajaran berbasis nilai multikultural dan penerapan metode diskusi sebagai startegi. Penelitian ini menegaskan pentingnya integrasi nilai-nilai multikultural dalam pembelajaran sastra untuk menciptakan generasi yang memiliki kesadaran budaya, toleransi, dan kemampuan berkomunikasi yang efektif dalam lingkungan masyarakat multikultural.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Cerita Fiksi1, Pendidikan Multikultural2, Siswa Dwibahasa3
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
P Language and Literature > PZ Childrens literature
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Bahasa (S2)
Depositing User: Ni Nyoman Mei Artini
Date Deposited: 01 Aug 2025 13:47
Last Modified: 01 Aug 2025 13:47
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/26303

Actions (login required)

View Item View Item