English Teachers' Practices and Perceptions on Assessment in Differentiated Instruction at SMP Negeri 1 Singaraja

Putri, Putu Diah Marcelina (2025) English Teachers' Practices and Perceptions on Assessment in Differentiated Instruction at SMP Negeri 1 Singaraja. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2112021188_COVER.pdf

Download (630kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2112021188_ABSTRAK.pdf

Download (145kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2112021188_BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (292kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2112021188_BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (410kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2112021188_BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (371kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2112021188_BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2112021188_BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (165kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2112021188_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (238kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2112021188_LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji praktik dan persepsi guru bahasa Inggris terhadap penilaian dalam pembelajaran berdiferensiasi di SMP Negeri 1 Singaraja. Fokus utama penelitian adalah bagaimana guru melakukan penilaian terhadap siswa dengan pendekatan berdiferensiasi, persepsi guru terhadap proses penilaian, serta tantangan yang dihadapi. Penelitian ini menggunakan desain studi kasus kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui analisis dokumen, observasi, survei, dan wawancara terhadap empat guru bahasa Inggris. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru menerapkan penilaian diagnostik, formatif, dan sumatif, meskipun pelaksanaannya bervariasi. Semua guru menerapkan diferensiasi, terutama pada konten dan proses pembelajaran, namun terdapat ketidakkonsistenan dalam menyesuaikan penilaian dengan profil belajar dan kesiapan siswa. Guru memiliki persepsi positif terhadap penilaian berdiferensiasi, namun menghadapi tantangan seperti jumlah siswa yang besar, keterbatasan waktu, penuntutan kreativitas, distraksi dari teknologi, dan menyeimbangkan kesetaraan. Penelitian ini menekankan pentingnya untuk meningkatkan praktik penilaian dalam pembelajaran berdiferensiasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran berdiferensiasi, persepsi guru, praktik penilaian.
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1)
Depositing User: PUTU DIAH MARCELINA PUTRI
Date Deposited: 11 Aug 2025 01:15
Last Modified: 11 Aug 2025 01:15
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/26442

Actions (login required)

View Item View Item