KUALITAS IMPLEMENTASI PROGRAM P5 DAN PENGARUHNYA TERHADAP KOMITMEN GURU DAN KARAKTER PESERTA DIDIK

Dewi, Putu Wia Rosita (2025) KUALITAS IMPLEMENTASI PROGRAM P5 DAN PENGARUHNYA TERHADAP KOMITMEN GURU DAN KARAKTER PESERTA DIDIK. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2329021014-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2329021014-ABSTRAK.pdf

Download (208kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2329021014-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (262kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2329021014-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (502kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2329021014-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (531kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2329021014-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (810kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2329021014-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (163kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2329021014-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (272kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2329021014-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kualitas implementasi program P5 dan pengaruhnya terhadap komitmen guru dan karakter peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei analitik. Data dianalisis dengan Structural Equation Modeling (SEM) untuk menguji hubungan kausal antara variabel-variabel laten dan variabel-variabel manifest. Populasi penelitian ini adalah peserta didik dari SMP Negeri yang berada di wilayah Kecamatan Kuta Utara. Sampel sebanyak 357 peserta didik diperoleh berdasarkan rumus Slovin dan dipilih melalui teknik proportional random sampling. Pengumpulan data mengenai implementasi program P5, komitmen guru, dan karakter peserta didik dilakukan melalui penyebaran kuesioner. Analisis data dilakukan dengan menggunakan SEM yang didukung oleh perangkat lunak LISREL versi 10.20, setelah sebelumnya dilakukan pengujian asumsi yang mencakup normalitas univariat dan multivariat, linieritas, multikolinearitas, serta heteroskedastisitas. Hasil analisis menunjukkan bahwa: (1) model teoretik hubungan antar-variabel yang mempengaruhi karakter peserta didik terbukti secara empiris; (2) tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara implementasi program P5 dan komitmen guru; (3) terdapat pengaruh implementasi program P5 terhadap karakter peserta didik dengan arah pengaruh positif yang artinya meningkatnya implementasi program P5 berpengaruh dengan meningkatnya karakter peserta didik (4) terdapat pengaruh komitmen guru terhadap karakter peserta didik dengan arah pengaruh positif yang artinya meningkatnya komitmen guru berpengaruh dengan meningkatnya karakter peserta didik. Temuan ini diharapkan dapat memberikan masukan strategis bagi para pendidik, pimpinan sekolah, komite, maupun instansi pendidikan terkait mengenai peran penting implementasi program P5 dan komitmen guru dalam membentuk karakter positif peserta didik baik di lingkungan sekolah maupun di luar sekolah.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Implementasi Program P5, Komitmen Guru, Karakter Peserta Didik.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan (S2)
Depositing User: Putu Wia Rosita Dewi
Date Deposited: 05 Aug 2025 05:38
Last Modified: 05 Aug 2025 05:38
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/26482

Actions (login required)

View Item View Item