Pengaruh Model Cooperative Learning Tipe TGT (Team Game Tournament) Berbantuan Media Interaktif Wordwall terhadap Minat dan Hasil Belajar IPA Siswa SMP

Andriyani, Luh Putu Yeni (2025) Pengaruh Model Cooperative Learning Tipe TGT (Team Game Tournament) Berbantuan Media Interaktif Wordwall terhadap Minat dan Hasil Belajar IPA Siswa SMP. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2323071012-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2323071012-ABSTRAK.pdf

Download (260kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2323071012-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (396kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2323071012-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (535kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2323071012-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (818kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2323071012-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (885kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2323071012-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (260kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2323071012-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (505kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2323071012-LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) perbedaan minat dan hasil belajar IPA secara simultan pada siswa, (2) minat belajar IPA pada siswa, (3) hasil belajar IPA pada siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran cooperative learning tipe TGT berbantuan media interaktif wordwall dengan siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran cooperative learning tipe TGT. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi exsperiment). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Rancangan penelitian ini menggunakan desain Nonequivalent Pretest Posttest Control Group Design yang terdiri dari dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 3 Selemadeg Timur. Sampel penelitian yaitu kelas VII B sebagai kelas eksperimen dan VII D sebagai kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan beberapa instrumen pengumpulan data yaitu: (1) instrumen yang digunakan untuk mengukur hasil belajar IPA yaitu berupa tes objektif yang terdiri dari soal pretest dan soal postest, (2) instrumen yang digunakan untuk mengetahui minat belajar siswa yaitu berupa angket pretest dan posttest. Data dalam penelitian ini berupa skor angket minat belajar dan skor tes hasil belajar yang dianalisis menggunakan uji Multivariate Analysis of Covariance (Mancova). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) diperoleh nilai signifikansi 0,001 < 0,05 yang menunjukkan perbedaan minat dan hasil belajar secara simultan pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol (2) diperoleh nilai signifikansi 0,001 < 0,05 yang menunjukkan perbedaan minat belajar pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol (3) diperoleh nilai signifikansi 0,006 < 0,05 yang menunjukkan perbedaan hasil belajar pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat perbedaan minat dan hasil belajar IPA secara simultan, perbedaan minat belajar IPA, dan perbedaan hasil belajar IPA pada siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran cooperative learning tipe TGT berbantuan media interaktif wordwall dengan siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran cooperative learning tipe TGT.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: cooperative learning tipe TGT, hasil belajar, minat belajar, media wordwall
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan IPA (S2)
Depositing User: Luh Putu Yeni Andriyani
Date Deposited: 05 Aug 2025 11:31
Last Modified: 05 Aug 2025 11:31
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/26491

Actions (login required)

View Item View Item