Hulu, Ketsia Rahel Yosephine (2025) PEMBELAJARAN SENI RUPA 3 DIMENSI MENGGUNAKAN MEDIA CLAY PADA SISWA KELAS V SEMESTER II DI SD NEGERI 1 KAMPUNG BARU SINGARAJA TAHUN AJARAN 2024/2025. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2112031015-COVER.pdf Download (831kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2112031015-ABSTRAK.pdf Download (277kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2112031015-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (327kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2112031015-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (333kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2112031015-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (375kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2112031015-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2112031015-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (276kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2112031015-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (247kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2112031015-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini ditunjukkan untuk mengetahui bagaimana pembelajaran seni rupa 3 dimensi dengan menggunakan media clay, bagaimana hasil karya seni rupa 3 dimensi dengan menggunakan media clay, dan bagaimana respon peserta didik terakit pembelajaran seni rupa 3 dimensi dengan menggunakan media clay yang merupakan perangkat pendukung pembelajaran seni rupa 3 dimensi. Penelitian ini menggunakan metode Research dan Development (R&D) dengan pendekatan model 4D yang meliputi tahap pendefenisian (Devine), perancangan (design), pengembangan (develop), penyebaran (Disseminate).Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara,dokumentasi,prettest-posttest dan angket respon peserta didik. Penelitian ini tidak menciptakan produk baru, melainkan mengembangkan perangkat pendukung pembelajaran. instrumen penelitian yang digunakan pada penelitian ini berupa pretest-posttest, angket hasil validasi ahli media, validasi ahli materi, dan respon peserta didik terkait pembelajaran. Hasil dari penelitian diketahui nilai rata-rata pretest-posttest peserta didik meningkat 44 point yang sudah menjelaskan bahwa adanya peningkatan pemahaman peserta didik sebelum dan sesudah diberikan materi pembelajaran. kelayakan penggunaan media perangkat pembelajaran sudah sesuai dengan karakteristik peserta didik tingkat sekolah dasar, sedangkan materi pembelajaran yang diberikan sudah sesuai dengan capaian dan indikator pembelajaran kurikulum merdeka dan Respon peserta didik terkait pembelajaran seni rupa 3 dimensi dengan menggunakan media clay menunjukkan hasil yang positif. Dengan demikian dapat disimpulkan penggunaan media clay sebagai perangkat pendukung pembelajaran seni rupa 3 dimensi layak untuk digunakan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Seni Rupa, Seni Rupa 3 Dimensi, Clay |
Subjects: | L Education > L Education (General) N Fine Arts > NX Arts in general |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Seni dan Desain > Program Studi Pendidikan Seni Rupa (S1) |
Depositing User: | KETSIA RAHEL YOSEPHINE HULU |
Date Deposited: | 06 Aug 2025 08:04 |
Last Modified: | 06 Aug 2025 08:04 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/26532 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |