EXPLORING TEACHING STRATEGIES PREFERENCES IMPLEMENTED BY MALE AND FEMALE ENGLISH TEACHERS IN SMA N 1 SERIRIT

Maharani, Dewa Ayu Asti (2025) EXPLORING TEACHING STRATEGIES PREFERENCES IMPLEMENTED BY MALE AND FEMALE ENGLISH TEACHERS IN SMA N 1 SERIRIT. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2112021025-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2112021025-ABSTRAK.pdf

Download (139kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2112021025-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (292kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2112021025-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (935kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2112021025-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (526kB) | Request a copy
[img] Text (HASIL DAN PEMBAHASAN)
2112021025-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2112021025-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (171kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2112021025-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (449kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2112021025-LAMPIRAN.pdf

Download (53MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi preferensi pembelajaran guru bahasa Inggris laki-laki dan perempuan di SMA N 1 Seririt. Bagaimana perbedaan gender mempengaruhi pilihan dan implementasi strategi pengajaran di kelas bahasa Inggris di Indonesia, dalam konteks kurikulum yang terus berubah. Data penelitian dikumpulkan dari wawancara mendalam dengan empat orang guru (dua laki-laki dan dua perempuan), observasi kelas, dan daftar strategi pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru laki-laki lebih banyak menggunakan strategi pembelajaran kolaboratif dan berbasis pengalaman seperti Discovery Learning dan Cooperative Learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kerja sama siswa. Guru perempuan lebih memilih pendekatan yang mendorong partisipasi aktif siswa, seperti pembelajaran berbasis masalah, pembelajaran penemuan, dan strategi sosial-afektif untuk menciptakan lingkungan belajar yang mendukung dan memotivasi. Kurikulum Merdeka membantu guru laki-laki dan perempuan untuk membangun keterampilan abad ke-21 siswa seperti komunikasi, kerja sama, dan pemecahan masalah. Penelitian ini menunjukkan bahwa perbedaan gender dalam pendekatan pengajaran harus dipertimbangkan selama pengembangan profesi guru untuk membuat pembelajaran lebih efektif. Selain itu, disarankan untuk mempertimbangkan faktor gender saat memberikan pelatihan dan memanfaatkan teknologi untuk meningkatkan hasil pembelajaran. Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengeksplorasi dampak jangka panjang dari strategi pengajaran berbasis gender terhadap motivasi dan prestasi siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: strategi pengajaran, guru laki-laki dan perempuan, Kurikulum Merdeka, SMA N 1 Seririt
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1)
Depositing User: Dewa Ayu Asti Maharani
Date Deposited: 07 Aug 2025 01:59
Last Modified: 07 Aug 2025 01:59
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/26549

Actions (login required)

View Item View Item