Darmika Yasa, Gede (2025) ANALISIS PEMANFAATAN ARTIFICIAL INTELLIGENCE (CHATGPT) DALAM PEMBELAJARAN IPA PADA KURIKULUM MERDEKA DI SMPN SE KOTA SINGARAJA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2113071031-COVER.pdf Download (591kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2113071031-ABSTRAK.pdf Download (103kB) |
![]() |
Text (BAB I PENDAHULUAN)
2113071031-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (97kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2113071031-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (335kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2113071031-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (305kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2113071031-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (307kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2113071031-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (61kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2113071031-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (154kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2113071031-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Pesatnya perkembangan teknologi kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI) telah menghadirkan perubahan besar dalam berbagai bidang, termasuk dunia pendidikan. Salah satu bentuk implementasi AI yang mulai banyak dimanfaatkan adalah ChatGPT, model berbasis Natural Language Processing yang mampu berinteraksi secara kontekstual dan adaptif. Kehadiran ChatGPT membuka peluang baru dalam proses pembelajaran, terutama untuk meningkatkan kemandirian, motivasi, dan pemahaman konsep peserta didik. Namun, penerapan teknologi ini di tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) masih menghadapi berbagai tantangan, seperti keterbatasan infrastruktur, rendahnya literasi digital, serta ketidaksiapan guru dan siswa dalam mengintegrasikan teknologi secara optimal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemanfaatan ChatGPT dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) pada Kurikulum Merdeka di SMP se-Kota Singaraja. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan desain studi kasus. Teknik pengumpulan data meliputi observasi partisipan, wawancara mendalam, dan penyebaran angket kepada guru dan siswa dari empat SMP Negeri di Kota Singaraja. Analisis data dilakukan secara induktif untuk menggali pola pemanfaatan, hambatan yang dihadapi, serta dampaknya terhadap kesiapan belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ChatGPT dimanfaatkan sebagai media bantu pemahaman konsep, sumber eksplorasi mandiri, dan pendukung motivasi belajar. Meski berdampak positif terhadap kesiapan belajar siswa, masih ditemukan kendala berupa keterbatasan jaringan internet, kurangnya pendampingan guru, serta risiko ketergantungan dan plagiarisme. Simpulan dari penelitian ini menekankan pentingnya peningkatan literasi digital, penyusunan kebijakan etis penggunaan AI, serta peran aktif guru sebagai fasilitator dalam integrasi teknologi. Temuan ini diharapkan dapat menjadi landasan bagi penelitian selanjutnya untuk mengukur efektivitas ChatGPT secara kuantitatif dan memperluas penerapannya dalam pembelajaran lintas mata pelajaran. Kata kunci: Artificial Intelligence, ChatGPT, Pembelajaran IPA, Kurikulum Merdeka, Kesiapan Belajar Siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Artificial Intelligence, ChatGPT, Pembelajaran IPA, Kurikulum Merdeka, Kesiapan Belajar Siswa. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan IPA (S1) |
Depositing User: | Gede Darmika Yasa |
Date Deposited: | 11 Aug 2025 16:51 |
Last Modified: | 11 Aug 2025 16:51 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/26565 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |