Febriyanti, Ni Komang Sriasih (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN METAPHORICAL THINKING TERHADAP MINAT BELAJAR MATEMATIKA PADA KELAS V SD NEGERI GUGUS KI HAJAR DEWANTARA DENPASAR SELATAN TAHUN AJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1611031107-COVER.pdf Download (733kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1611031107-ABSTRAK.pdf Download (199kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611031107-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (259kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611031107-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (264kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611031107-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (413kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031107-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (323kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1611031107-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (247kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031107-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (551kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1611031107-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Fokus penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Metaphorical Thinking terhadap minat belajar Matematika kelas V SD Negeri Gugus Ki Hajar Dewantara Denpasar Selatan. Penelitian ini merupakan eksperimen semu (quasi eksperimen), dengan desain posttest only no treatment control design. Populasi pada penelitian ini merupakan seluruh kelas V SD Negeri Gugus Ki Hajar Dewantara Denpasar Selatan yakni sebanyak 5 kelas dengan jumlah siswa sebanyak 182 siswa. Sampel penelitian ini meruapakan kelas V SD N 9 Pedungan total 38 orang siswa sebagai kelompok yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Metaphorical Thinking dan kelas V SD N 1 Pedungan berjumlah 32 orang siswa sebagai kelompok kontrol yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilaksanakan dengan memakai metode non tes. Instrumen pengumpulan data pada penelitian ini yaitu dilaksanakan menggunakan kuesioner (angket). Rerata minat belajar matematika pada kelompok eksperimen mendapatkan hasil 84,50 dan kelompok kontrol mendapatkan hasil 76,66. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik analisis uji-t dengan rumus polled varians. Hasil analisis data diperoleh (thitung=2,256 > ttabel = 2,000) pada taraf signifikasi 5% (dk = 38 + 32 – 2 = 68) maka, H0 ditolak dan Ha diterima berarti terdapat perbedaan yang signifikan minat belajar matematika antara kelompok yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Metaphorical Thinking dengan kelompok yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran konvensional pada siswa kelas V SD Negeri Gugus Ki Hajar Dewantara Denpasar Selatan Tahun Ajaran 2019/2020. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Metaphorical Thinking berpengaruh terhadap minat belajar matematika kelas V SD Negeri Gugus Ki Hajar Dewantara Tahun Ajaran 2019/2020.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metaphorical Thinking, Minat Belajar Matematika, Siswa kelas V SD. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Komang Sriasih Febriyanti |
Date Deposited: | 28 Jul 2020 01:44 |
Last Modified: | 28 Jul 2020 01:44 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/2664 |
Actions (login required)
View Item |