Kurniawan, Muhammad Dendi (2025) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TGT (TEAM GAME TURNAMENT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEKNIK PASSING KAKI BAGIAN DALAM SEPAK BOLA PADA PESERTA DIDIK KELAS X U1 MAN KARANGASEM. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
1816011109-COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
1816011109-ABSTRAK.pdf Download (217kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1816011109-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (217kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1816011109-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (345kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1816011109-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (303kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1816011109-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (407kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
1816011109-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (197kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1816011109-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (228kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
1816011109-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar teknik passing kaki bagian dalam sepak bola melalui implementasi model pembelajaran kooperatif TGT (Team Game Turnament) pada peserta didik kelas X U1 MAN Karangasem. Dimana yang menjadi sasaran dalam penelitian ini yaitu tertuju kepada peserta didik kelas X, dan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik yang berada pada kelas X U1 yang berjumlah 30 orang siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas dilaksanakan dengan alur (1) Rencana tindakan, (2) Pelaksanaan tindakan, (3) Observasi/evaluasi, dan (4) Refleksi. Pelaksanaan penelitian yang diperoleh dari Hasil Belajar Siklus I dan Hasil Belajar Siklus II pada aspek Pengetahuan dan Keterampilan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa setelah diterapkan model pembelajaran Kooperatif TGT. Pada prasiklus, ketuntasan belajar siswa pada aspek kognitif sebesar 66,7% dan psikomotor 56,7%. Setelah pelaksanaan tindakan pada siklus I, ketuntasan meningkat menjadi 80,0% (kognitif) dan 86,7% (psikomotor). Peningkatan lebih lanjut terjadi pada siklus II dengan ketuntasan 93,3% untuk kedua aspek. Rata-rata nilai juga mengalami peningkatan, yaitu dari 68,9 (kognitif) dan 66,7 (psikomotor) pada prasiklus, menjadi 81,1 dan 78,7 pada siklus II. Hal ini mengindikasikan bahwa model pembelajaran TGT dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dan model ini dapat menjadi alternatif model pembelajaran yang berpusat pada siswa. Untuk itu, disarankan kepada guru penjasorkes agar mengimplementasikan pembelajaran ini karna mampu meningkatkan hasil belajar teknik passing kaki bagian dalam sepakbola.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar, PJOK, Team Game Tournament (TGT), Sepak bola |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Olahraga dan Kesehatan > Jurusan Pendidikan Olahraga > Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi (S1) |
Depositing User: | Muhammad Dendi Kurniawan |
Date Deposited: | 09 Aug 2025 16:40 |
Last Modified: | 09 Aug 2025 16:40 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/26672 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |