Karunia, Ni Putu Ayu Lesatari (2025) PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN PADA MATA KULIAH KULINER ASIA POKOK BAHASAN APPETIZER, MAIN COURSE, DESSERT KULINER INDIA PRODI PENDIDIKAN VOKASIONAL SENI KULINER. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
1915081020-COVER.pdf Download (632kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
1915081020-ABSTRAK.pdf Download (242kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1915081020-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (251kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1915081020-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (272kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1915081020-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (361kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1915081020-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (399kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
1915081020-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (217kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1915081020-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (217kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
1915081020-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan evolusi konten video pembelajaran kuliner India yang mencakup appetizer, main course, dan dessert dalam mata kuliah masakan Asia. Penelitian semacam ini disebut penelitian pengembangan, dengan metode 4D (define, design, develop, disseminate) digunakan. Kuesioner akan diberikan kepada subjek penelitian, yang merupakan mahasiswa Program Studi Pendidikan Vokasi Seni Kuliner Universitas Pendidikan Ganesha, dan dosen yang bertanggung jawab atas mata kuliah kuliner Asia akan diwawancarai sebagai bagian dari proses pengumpulan data. Uji coba ahli terhadap materi video pembelajaran digunakan sebagai instrumen penelitian. Hasil penelitian pada tahapan define bahwa kurangnya refrensi mahasiswa mengenai media video pembelajaran kemudian dilakukannya analisis awal dengan silabus mata kuliah Kuliner Asia dan menggunakan resep acuan appetizer yaitu samosa, main course yaitu chappati curry, dan dessert yaitu es falloda. Tahap design dilakukannya penyusunan naskah dan perancangan video pembelajaran. Tahap development dilakukannya proses realisasi atau pembuatan dari video pembelajaran serta dilakukannya uji ahli pada media video pembelajaran yaitu meliputi ahli media dengan memperoleh hasil yang menunjukkan kategori sangat layak, ahli desain pembelajaran dengan memperoleh hasil yang menunjukkan kategori sangat layak, dan ahli materi dengan memperoleh hasil yang menunjukkan kategori sangat layak, kemudian dilakukannya pengumpulan data dengan penyebaran angket pada mahasiswa Pendidikan Vokasional Seni Kuliner memperoleh hasil yang menunjukkan kategori sangat layak. Tahap disseminate dilakukannya penyebaran link video pembelajaran melalui youtube serta melalui mahasiswa dan dosen Pendidikan Vokasional Seni Kuliner secara langsung.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media video Pembelajaran, Kuliner India, Kuliner ASIA |
Subjects: | L Education > L Education (General) T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknologi Industri > Program Studi Pendidikan Vokasional Seni Kuliner (S1) |
Depositing User: | Ni Putu Ayu Lestari Karunia |
Date Deposited: | 09 Aug 2025 06:54 |
Last Modified: | 09 Aug 2025 06:54 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/26685 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |