Trisnawati, Ria Dewi (2025) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PJBL) DENGAN BANTUAN MEDIA TANAH LIAT (LEMPUNG) TERHADAP KREATIVITAS DAN KETERAMPILAN MOTORIK HALUS ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK IBNU THAHA. Masters thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.
![]() |
Text (COVER)
2329171001-COVER.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2329171001-ABSTRAK.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2329171001-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2329171001-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (13MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2329171001-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2329171001-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2329171001-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2329171001-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2329171001-LAMPIRAN.pdf Download (10MB) |
Abstract
ABSTRAK Ria Dewi Trisnawati, Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Project-Based Learning (PJBL) Dengan Bantuan Media Tanah Liat (Lempung) Terhadap Kreativitas Dan Keterampilan Motorik Halus Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Ibnu Thaha Kabupaten Paser Kalimantan Timur. Tesis, Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini, Program Pascasarjana, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, 2025. Tesis ini sudah disetujui dan diperiksa oleh Pembimbing I: Dr. Gede Wira Bayu, S.Pd,.M.Pd. dan Pembimbing II: Nice Maylani Asril,S.Psi.,M.Psi,.Ph.D. Kata-kata kunci: Metode Pembelajaran Demostrasi, Media Boneka Tangan, Kemampuan Bahasa, Sosial Emosional Anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan kreativitas anak yang menggunakan model pembelajaran Project-Based Learning (PjBL) dengan bantuan media tanah liat (lempung) dan kelompok anak yang mengikuti pembelajaran konvensional; (2) perbedaan keterampilan motorik halus anak yang menggunakan model pembelajaran Project-Based Learning (PjBL) dengan bantuan media tanah liat (lempung) dan kelompok anak yang mengikuti pembelajaran konvensional; (3) perbedaan yang signifikan kreativitas dan keterampilan motorik halus anak yang menggunakan model pembelajaran Project-Based Learning (PjBL) dengan bantuan media tanah liat (lempung) dan kelompok anak yang mengikuti pembelajaran konvensional. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experiment dengan desain post-test only control group. Populasi penelitian ini adalah 34 anak TK B Ibnu Thaha, Paser Kalimantan Timur. Kelas yang setara diambil 1 kelas untuk kelompok kontrol dan 1 kelas untuk kelompok eksperimen dengan total anak sebanyak 17 anak. Data kretivitas dan keterampilan motorik halus anak diambil dengan lembar ceklist dengan dengan rating scale 1-4. Data kuantitatif yang diperoleh dianalisis dengan anava satu jalur. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Terdapat perbedaan yang signifikan dalam kreativitas anak antara kelompok yang menggunakan model pembelajaran Project-Based Learning (PjBL) dengan bantuan media tanah liat (lempung) dan kelompok yang menggunakan model pembelajaran konvensional di TK Ibnu Thaha Paser, Kalimantan Timur. Hal ini dibuktikan dengan nilai signifikansi sebesar 0.000 < 0.05, sehingga hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima.; (2) Terdapat perbedaan yang signifikan dalam keterampilan motorik halus anak antara kelompok yang mendapatkan pembelajaran dengan model Project-Based Learning (PjBL) berbantuan media tanah liat dan kelompok yang memperoleh pembelajaran konvensional. Nilai signifikansi yang diperoleh adalah 0.000 < 0.05; (3) Terdapat perbedaan yang signifikan secara simultan antara kreativitas dan keterampilan motorik halus anak pada kelompok yang mengikuti pembelajaran dengan model Project-Based Learning (PjBL) berbantuan media tanah liat dibandingkan dengan kelompok yang mengikuti pembelajaran konvensional. Hasil analisis menunjukkan nilai signifikansi pada kolom Pillai’s Trace, Wilks’ Lambda, Hotelling’s Trace, dan Roy’s Largest Root sebesar 0.000 < 0.05. Berdasarkan temuan tersebut dapat disimpulkan bahwa model PjBL dengan media tanah liat berpengaruh secara menyeluruh terhadap perkembangan kreativitas dan keterampilan motorik halus anak.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Pembelajaran Demostrasi, Media Boneka Tangan, Kemampuan Bahasa, Sosial Emosional Anak. Demonstration Learning Method, Hand Puppet Media, Language Skills, Children’s Socio-Emotional Development. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini (S2) |
Depositing User: | Ria Dewi Trisnawati |
Date Deposited: | 09 Aug 2025 23:30 |
Last Modified: | 09 Aug 2025 23:30 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/26689 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |