Irmayanti, Ni Luh (2025) EFEKTIVITAS BRAIN GYM CROSS CRAWL DAN THE OWL DALAM MENINGKATKAN DAYA INGAT DAN KONSENTRASI ANAK USIA DINI DI SKOEBI-DO CHILD CARE CENTRE DI PROVINSI BALI. Masters thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.
![]() |
Text (COVER)
2329171003-COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2329171003-ABSTRAK.pdf Download (989kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2329171003-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2329171003-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (11MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2329171003-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2329171003-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2329171003-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2329171003-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2329171003-LAMPIRAN.pdf Download (25MB) |
Abstract
ABSTRAK Irmayanti, Ni Luh (2025), Efektivitas Brain Gym Cross Crawl dan The Owl dalam meningkatkan daya ingat dan konsentrasi anak usia dini di Skoebi-do child care centre di provinsi Bali. Tesis, Pendidikan Anak Usia Dini, Program Pascasarjana, Universitas Pendidikan Ganesha. Tesis ini sudah disetujui dan diperiksa oleh Pembimbing I: Prof. Dr. Ketut Suma, M.S., dan Pembimbing II: Dr. Ni Ketut Desia Tristiantari, S.Pd., M.Pd. Kata-kata kunci: Brain Gym Cross Crawl dan The Owl, daya ingat anak, konsentrasi usia dini, stimulasi kognitif, kuasi-eksperimental, Salah satu penyebab utama kesulitan belajar pada anak-anak adalah terjadinya gangguan perhatian dan konsentrasi yang berdampak jangka panjang pada kemampuan akademik anak. Di Indonesia, fenomena serupa juga terjadi, meskipun data statistik nasional terkait gangguan daya ingat dan konsentrasi pada anak usia dini masih terbatas. Hal ini menjadi perhatian penting karena jumlah orang tua yang mengkhawatirkan kemampuan anak dalam memusatkan perhatian dan mengingat informasi sederhana semakin meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh teknik Brain Gym terhadap perkembangan kognitif, khususnya daya ingat dan konsentrasi anak usia dini di Skoebi-Do Child Care Centre, Bali. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode kuasi eksperimen dan desain Nonequivalent Control Group. Populasi terdiri atas 120 anak usia 4–6 tahun dari dua cabang, yaitu Sanur dan Canggu. Sebanyak 60 anak dipilih sebagai sampel, terdiri dari 30 anak di kelompok kontrol dengan Brain Gym Cross Crawl dan 30 anak di kelompok eksperimen dengan Brain Gym Cross Crawl & The Owl. Data dikumpulkan melalui observasi pre-test dan post-test menggunakan instrumen skala likert yang telah divalidasi melalui judgement expert oleh dua ahli. Analisis data dilakukan menggunakan uji MANOVA. iv Hasil analisis menunjukkan perbedaan signifikan secara simultan antara kelompok eksperimen dan kontrol terhadap daya ingat dan konsentrasi (p = 0,002; p < 0,05). Uji Between-Subjects Effects menunjukkan bahwa perlakuan Brain Gym Cross Crawl dan The Owl memberikan pengaruh signifikan terhadap peningkatan daya ingat (p = 0,002; Partial Eta Squared = 0,188) dan konsentrasi (p = 0,001; Partial Eta Squared = 0,214). Dengan demikian, teknik Brain Gym Cross Crawl dan The Owl terbukti lebih efektif dibandingkan teknik Cross Crawl dalam meningkatkan fungsi kognitif anak usia dini. Penelitian lanjutan disarankan untuk mengeksplorasi pengaruh Brain Gym terhadap aspek perkembangan anak lainnya.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Brain Gym Cross Crawl dan The Owl, daya ingat anak, konsentrasi usia dini, stimulasi kognitif, kuasi-eksperimental, children’s memory, early childhood concentration, cognitive stimulation, quasi-experimental |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LC Special aspects of education L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini (S2) |
Depositing User: | Ni Luh Irmayanti |
Date Deposited: | 09 Aug 2025 15:36 |
Last Modified: | 09 Aug 2025 15:36 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/26712 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |