PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MATA PELAJARAN ILMU PENYAKIT DAN PENUNJANG DIAGNOSTIK BERSTRATEGI BLENDED LEARNING DI KELAS XI SMK KESEHATAN SURYA MEDIKA

Anggara, I Made Dwiki Pasek (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MATA PELAJARAN ILMU PENYAKIT DAN PENUNJANG DIAGNOSTIK BERSTRATEGI BLENDED LEARNING DI KELAS XI SMK KESEHATAN SURYA MEDIKA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1815051078_COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1815051078_ABSTRAK.pdf

Download (259kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1815051078_BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (299kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1815051078_BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (628kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODE PENELITIAN)
1815051078_BAB 3 METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (431kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1815051078_BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1815051078_BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (213kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1815051078_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (214kB)
[img] Text
1815051078_LAMPIRAN.pdf

Download (10MB)

Abstract

Pembelajaran ilmu penyakit dan penunjang diagnostik kurang efektif ketika dilakukan melalui media gambar dan buku, sehingga dapat menghambat dalam proses pembelajaran dan pemahama. Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan media pembelajaran interaktif menggunakan Adobe Captivate pada materi Gangguan Sistem Jantung dan Pembuluh Darah, serta mengevaluasi respon peserta didik dan guru terhadap media tersebut di kelas XI Keperawatan SMK Kesehatan Surya Medika. Menggunakan metode R&D dengan pendekatan model ADDIE yang dikombinasikan dengan MDLC. Pengujian dilakukan melalui uji ahli isi, uji ahli media, angket respon guru dan siswa, serta uji coba terbatas meliputi uji perorangan, kelompok kecil, dan uji lapangan. Hasil perolehan koefisien nilai rata-rata ahli isi, ahli media dan desain sebesar 1.00 yang berada pada kriteria ‘Sangat Valid”, uji efektifitas produk mendapat perolehan N-Gain sebesar 0,85 dengan kriteria “Efektif”, uji responden peserta didik sebesar 62,5 dan skor responden guru sebesar 56 dengan kriteria “Sangat Positif”.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Adobe Captivate, Model Penelitian R&D, Model Pengembangan ADDIE
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknik Informatika > Program Studi Pendidikan Teknik Informatika (S1)
Depositing User: I Made Dwiki Pasek Anggara
Date Deposited: 10 Aug 2025 11:14
Last Modified: 10 Aug 2025 11:14
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/26735

Actions (login required)

View Item View Item