Purba, Betaria Angel Br (2025) PENGEMBANGAN LKPD BERDIFERENSIASI KONTEN DENGAN SETTING DISCOVERY LEARNING PADA MATERI SISTEM EKSKRESI KELAS XI SMA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2113041036-COVER.pdf Download (457kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2113041036-ABSTRAK.pdf Download (271kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2113041036-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (369kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2113041036-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (449kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2113041036-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (526kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2113041036-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2113041036-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (253kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2113041036-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (326kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2113041036-LAMPIRAN.pdf Download (5MB) |
Abstract
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan LKPD berdiferensiasi konten dengan setting discovery learning pada materi sistem ekskresi kelas XI SMA yang valid dan praktis untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Jenis model pengembangan yang digunakan pada penelitian ini yaitu model pengembangan ADDIE yang terdiri atas tahap Analisis, Perancangan, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi. Lokasi penelitian di SMA Negeri 1 Kubutambahan. Uji validitas menggunakan perhitungan Gregory dengan responden yaitu 2 orang ahli materi dan 2 orang ahli media. Dari penilaian kedua ahli tersebut diperoleh nilai Koefisien Validitas Gregory (KVG) sebesar 0,98 dari ahli materi dan 1 dari ahli media sehingga termasuk kriteria sangat valid. Uji Kepraktisan dilakukan oleh 10 peserta didik kelas XI dan penilaian persepsi guru sebanyak 3 orang guru Biologi SMA Negeri 1 Kubutambahan. Diperoleh nilai kepraktisan oleh oleh peserta didik sebesar 87,4% dan nilai persepsi guru sebesar 85,9% dengan keduanya termasuk kriteria sangat praktis. Hal ini menunjukkan bahwa LKPD berdiferensiasi konten dengan setting discovery learning yang dikembangkan pada materi sistem ekskresi dinyatakan sangat valid dan sangat praktis digunakan dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | ADDIE, Berdiferensiasi Konten, Discovery Learnng, LKPD, Sistem Ekskresi |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Biologi dan Perikanan Kelautan > Program Studi Pendidikan Biologi (S1) |
Depositing User: | Betaria Angel Br Purba |
Date Deposited: | 11 Aug 2025 01:42 |
Last Modified: | 11 Aug 2025 01:42 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/26761 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |