Laksana, I Gusti Made Rai (2025) Visualisasi Kisah Arya Sentong oleh I Gusti Made Rai Laksana dalam Bentuk Komik. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesh.
![]() |
Text (COVER)
2012031013-COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2012031013-ABSTRAK.pdf Download (103kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2012031013-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (151kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2012031013-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (216kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2012031013-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (150kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2012031013-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (8MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2012031013-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (60kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2012031013-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (173kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2012031013-LAMPIRAN.pdf Download (87kB) |
Abstract
Tokoh utama yang diangkat adalah I Gusti Ngurah Pacung Gede atau Arya Sentong, salah satu dari tujuh “Trah” Arya yang datang ke Bali dari Jawa, yang memiliki perjalanan historis penting sejak masa Majapahit sampai berdirinya Puri Agung Perean di Bali. Selama ini, kisah-kisah dalam babad atau buku tradisional cenderung kurang diminati karena penyampaiannya yang kompleks dan teks yang padat. Penciptaan karya ini bertujuan untuk memvisualisasikan kisah sejarah Arya Sentong dalam bentuk komik dengan pendekatan visual yang menggabungkan gaya manga Jepang dan unsur budaya lokal Bali. Oleh karena itu, media komik dipilih sebagai alternatif untuk memvisualkan kisah Arya Sentong agar lebih komunikatif dalam menyampaikan narasi sejarah kepada generasi muda dan masyarakat luas. Proses penciptaan komik ini dimulai dari studi literatur terhadap babad Arya Sentong dan referensi manga Jepang sebagai inspirasi visual. Penelitian “Visualisasi Kisah Arya Sentong dalam Bentuk Komik” menggunakan jenis penelitian Deskriftif Kualitatif (QD) serta menggunakan metode Design & Development (D&D) yang berfokus pada proses perancangan, pengembangan, dan evaluasi produk, khususnya dalam konteks penciptaan komik. Tahapan produksi meliputi pembuatan storyboard, sketsa manual, penintaan, digitalisasi, hingga penyusunan teks dialog menggunakan perangkat lunak desain grafis. Dari segi visual, komik ini menampilkan tiga elemen utama yaitu desain karakter, layout panel, dan latar belakang yang memadukan unsur visual tradisional Bali dengan karakteristik khas manga Jepang seperti ekspresi dinamis dan narasi visual yang kuat. Hasil karya ini tidak hanya menjadi media alternatif untuk pelestarian sejarah lokal, tetapi juga menawarkan pendekatan baru dalam dunia komik Indonesia dengan sentuhan inovatif dan lintas budaya. Komik ini diharapkan mampu membangkitkan minat pembaca terhadap sejarah leluhur mereka sekaligus memperluas cakrawala artistik komik lokal melalui integrasi gaya global.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | visualisasi, komik, ilustrasi, arya sentong, budaya, manga jepang. |
Subjects: | N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration N Fine Arts > ND Painting |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Seni dan Desain > Program Studi Pendidikan Seni Rupa (S1) |
Depositing User: | I Gusti Made Rai Laksana |
Date Deposited: | 11 Aug 2025 01:24 |
Last Modified: | 11 Aug 2025 01:24 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/26766 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |