PENGEMBANGAN E-LKPD INTERAKTIF BERBASIS LIVEWORKSHEET PADA MATERI PERMAINAN BULUTANGKIS KELAS X SMK NEGERI 3 SINGARAJA

Yogi, Nyoman Dharma (2025) PENGEMBANGAN E-LKPD INTERAKTIF BERBASIS LIVEWORKSHEET PADA MATERI PERMAINAN BULUTANGKIS KELAS X SMK NEGERI 3 SINGARAJA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2116011050-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2116011050-ABSTRAK.pdf

Download (360kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2116011050-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (431kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2116011050-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (826kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2116011050- BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (636kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2116011050- BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2116011050- BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (363kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2116011050- DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (336kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2116011050- LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengembangkan produk pembelajaran berupa E-LKPD interaktif berbasis liveworksheet pada materi permainan bulutangkis. Mengetahui tanggapan dari para ahli serta peserta didik dalam uji coba perorangan, uji coba kelompok kecil, uji coba kelompok besar dan uji kepraktisan produk terhadap bahan ajar yang dikembangkan. Model penelitian pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation dan Evaluation). Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif dan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil pengembangan E-LKPD interaktif berbasis liveworksheet yang dilakukan yakni: (a) rancang bangun pengembangan menggunakan model pengembangan ADDIE, ada lima tahapan dalam model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation dan Evaluation). (b) berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa dari dari uji ahli isi materi memperoleh presentase skor 94,67% dengan kategori sangat baik, uji ahli desain pembelajaran memperoleh presentase skor 92,7% dengan kategori sangat baik, uji ahli media pembelajaran memperoleh skor 87,2% dengan kualifikasi baik. (c) uji coba perorangan memperoleh skor 89,67% dengan kualifikasi baik, uji coba kelompok kecil memperoleh skor 90,3% dengan kualifikasi sangat baik, uji coba kelompok besar memperoleh skor 90% dengan kualifikasi sangat baik, uji kepraktisan produk memperoleh skor 97% dengan kualifikasi sangat praktis. Dari hasil di atas maka dapat dikatakan bahwa pengembangan E-LKPD berbasis liveworksheet pada materi permainan bulutangkis ini dinyatakan sangat layak digunakan. Saran bagi pendidik, peserta didik dan peneliti untuk mengimplementasikan E-LKPD berbasis liveworksheet ini karena bahan ajar ini sangat layak digunakan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, ADDIE, E-LKPD Interaktif, Liveworksheet Permainan Bulutangkis
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Olahraga dan Kesehatan > Jurusan Pendidikan Olahraga > Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi (S1)
Depositing User: Nyoman Dharma Yogi
Date Deposited: 12 Aug 2025 03:43
Last Modified: 12 Aug 2025 03:43
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/26818

Actions (login required)

View Item View Item