Wargina, I Made (2025) EVALUASI EFEKTIVITAS PELAKSANAAN ASESMEN NASIONAL (AN) PADA SMP NEGERI DI KECAMATAN BATURITI TAHUN 2024. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (2329021008-COVER)
2329021008-Cover.pdf Download (624kB) |
![]() |
Text (2329021008-ABSTRAK)
2329021008-Abstrak.pdf Download (251kB) |
![]() |
Text (2329021008-BAB 1 PENDAHULUAN)
2329021008-Bab 1 Pendahuluan.pdf Download (467kB) |
![]() |
Text (2329021008-BAB 2 KAJIAN TEORI)
2329021008-Bab 2 Kajian Teori.pdf Restricted to Repository staff only Download (439kB) | Request a copy |
![]() |
Text (2329021008-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2329021008-Bab 3 Metodelogi Penelitian.pdf Restricted to Repository staff only Download (590kB) | Request a copy |
![]() |
Text (2329021008-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2329021008-Bab 4 Hasil dan Pembahasan.pdf Restricted to Repository staff only Download (707kB) | Request a copy |
![]() |
Text (2329021008-BAB 5 PENUTUP)
2329021008-Bab 5 Penutup.pdf Restricted to Repository staff only Download (315kB) | Request a copy |
![]() |
Text (2329021008-DAFTAR PUSTAKA)
2329021008-Daftar Pustaka.pdf Download (246kB) |
![]() |
Text (2329021008-LAMPIRAN)
2329021008-Lampiran.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas pelaksanaan Asesmen Nasional (AN) dengan pendekatan contextt, input, process, product, mendeskripsikan kendala yang di hadapi dalam pelaksanaannya, serta merumuskan rekomendasi yang diperlukan. Penelitian menggunakan metode campuran jenis parallel konvergen. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan wawancara. Uji validitas isi instrumen menggunakan formula Gregory, sedangkan konsistensi internal menggunakan korelasi product moment dari Pearson, dan uji reliabititas instrumen menggunakan formula Alpha Cronbach. Subjek penelitian terdiri dari lima kelompok yaitu 5 orang Kepala Sekolah, 5 orang proktor, 5 orang Teknisi, 118 orang guru dan 225 orang siswa yang mengikuti AN. Pengolahan data hasil kuesioer dengan menghitung skor perolehan, menghitung skor rata-rata komponen kemudian mengkonversi data dengan kategori/klasifikasi pada sekala lima yang dibuat berdasarkan nilai rata-rata ideal (Mi) dan standar deviasi ideal (SDi). Penentuan kriteria tiap komponen mengacu pada PAIT (Pedoman Acuan Ideal Teoritik). Hasil penelitian menunjukan bahwa pada komponen context dari kelompok Kepala Sekolah efektif, kelompok teknisi efektif, kelompok proktor efektif, kelompok guru efektif dan kelompok siswa cukup efektif. Komponen input dari kelompok Kepala Sekolah efektif, kelompok teknisi efektif, kelompok proktor efektif, kelompok guru efektif dan kelompok siswa efektif. Komponen process dari kelompok Kepala Sekolah efektif, kelompok teknisi sangat efektif, kelompok proktor efektif, kelompok guru efektif dan kelompok siswa efektif. Komponen product dari kelompok Kepala Sekolah efektif, kelompok teknisi cukup efektif, kelompok proktor cukup efektif, kelompok guru cukup efektif dan kelompok siswa cukup efektif. Selama pelaksanaan AN, SMP Negeri di Kecamatan Baturiti mengalami kendala teknis seperti ganguan jaringan Listrik dan internet. Kendala lainnya adalah butir instrumen yang dijawab oleh guru dan siswa terlalu banyak sehingga kekurangan waktu dalam penyelesaianya. Selain itu, guru dan siswa belum terbiasa dengan jenis intrumen yang beragam.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Evaluasi, Efektivitas, Asesmen Nasional, Contextt, Input, Process, Product |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan (S2) |
Depositing User: | I Made Wargina |
Date Deposited: | 12 Aug 2025 06:56 |
Last Modified: | 12 Aug 2025 06:56 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/26880 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |