EVALUASI EFEKTIVITAS PELAKSANAAN ASESMEN NASIONAL (AN) PADA SMP NEGERI DI KECAMATAN BATURITI TAHUN 2024

Wargina, I Made (2025) EVALUASI EFEKTIVITAS PELAKSANAAN ASESMEN NASIONAL (AN) PADA SMP NEGERI DI KECAMATAN BATURITI TAHUN 2024. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (2329021008-COVER)
2329021008-Cover.pdf

Download (624kB)
[img] Text (2329021008-ABSTRAK)
2329021008-Abstrak.pdf

Download (251kB)
[img] Text (2329021008-BAB 1 PENDAHULUAN)
2329021008-Bab 1 Pendahuluan.pdf

Download (467kB)
[img] Text (2329021008-BAB 2 KAJIAN TEORI)
2329021008-Bab 2 Kajian Teori.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (439kB) | Request a copy
[img] Text (2329021008-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2329021008-Bab 3 Metodelogi Penelitian.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (590kB) | Request a copy
[img] Text (2329021008-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2329021008-Bab 4 Hasil dan Pembahasan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (707kB) | Request a copy
[img] Text (2329021008-BAB 5 PENUTUP)
2329021008-Bab 5 Penutup.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (315kB) | Request a copy
[img] Text (2329021008-DAFTAR PUSTAKA)
2329021008-Daftar Pustaka.pdf

Download (246kB)
[img] Text (2329021008-LAMPIRAN)
2329021008-Lampiran.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas pelaksanaan Asesmen Nasional (AN) dengan pendekatan contextt, input, process, product, mendeskripsikan kendala yang di hadapi dalam pelaksanaannya, serta merumuskan rekomendasi yang diperlukan. Penelitian menggunakan metode campuran jenis parallel konvergen. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan wawancara. Uji validitas isi instrumen menggunakan formula Gregory, sedangkan konsistensi internal menggunakan korelasi product moment dari Pearson, dan uji reliabititas instrumen menggunakan formula Alpha Cronbach. Subjek penelitian terdiri dari lima kelompok yaitu 5 orang Kepala Sekolah, 5 orang proktor, 5 orang Teknisi, 118 orang guru dan 225 orang siswa yang mengikuti AN. Pengolahan data hasil kuesioer dengan menghitung skor perolehan, menghitung skor rata-rata komponen kemudian mengkonversi data dengan kategori/klasifikasi pada sekala lima yang dibuat berdasarkan nilai rata-rata ideal (Mi) dan standar deviasi ideal (SDi). Penentuan kriteria tiap komponen mengacu pada PAIT (Pedoman Acuan Ideal Teoritik). Hasil penelitian menunjukan bahwa pada komponen context dari kelompok Kepala Sekolah efektif, kelompok teknisi efektif, kelompok proktor efektif, kelompok guru efektif dan kelompok siswa cukup efektif. Komponen input dari kelompok Kepala Sekolah efektif, kelompok teknisi efektif, kelompok proktor efektif, kelompok guru efektif dan kelompok siswa efektif. Komponen process dari kelompok Kepala Sekolah efektif, kelompok teknisi sangat efektif, kelompok proktor efektif, kelompok guru efektif dan kelompok siswa efektif. Komponen product dari kelompok Kepala Sekolah efektif, kelompok teknisi cukup efektif, kelompok proktor cukup efektif, kelompok guru cukup efektif dan kelompok siswa cukup efektif. Selama pelaksanaan AN, SMP Negeri di Kecamatan Baturiti mengalami kendala teknis seperti ganguan jaringan Listrik dan internet. Kendala lainnya adalah butir instrumen yang dijawab oleh guru dan siswa terlalu banyak sehingga kekurangan waktu dalam penyelesaianya. Selain itu, guru dan siswa belum terbiasa dengan jenis intrumen yang beragam.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Evaluasi, Efektivitas, Asesmen Nasional, Contextt, Input, Process, Product
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan (S2)
Depositing User: I Made Wargina
Date Deposited: 12 Aug 2025 06:56
Last Modified: 12 Aug 2025 06:56
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/26880

Actions (login required)

View Item View Item