Srinadhi, Ni Made (2020) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN PENILAIAN PROYEK TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN IPA KELAS V SD GUGUS II ABIANSEMAL BADUNG TAHUN AJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1611031286-COVER.pdf Download (704kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1611031286-ABSTRAK.pdf Download (105kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611031286-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (117kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611031286-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (473kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611031286-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (529kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031286-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Download (463kB) |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1611031286-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (326kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031286-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (219kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1611031286-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan model Problem Based Learning berbantuan Penilaian Proyek terhadap kompetensi pengetahuan IPA Kelas V SD Gugus II Abiansemal Badung Tahun Ajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan penelitian semu menggunakan desain nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini seluruh kelas V SD Gugus II Abiansemal Badung Tahun Ajaran 2019/2020 sebanyak 8 kelas terdiri dari 212 siswa. Sampel penelitian ditentukan menggunakan cara teknik cluster random sampling diperoleh kelas V SD No. 1 Selat sebanyak 41 siswa sebagai kelompok kelas eksperimen dan kelas V SD No.1 Taman sebanyak 36 siswa sebagai kelompok kelas kontrol. Data kompetensi pengetahuan IPA diperoleh dengan menggunakan metode tes yaitu tes objektif pilihan ganda biasa sebanyak 40 soal. Selanjutnya dianalisis dengan uji-t polled varians. Nilai rata-rata kompetensi pengetahuan IPA kelompok eksperimen yaitu 81,122 dan kelompok kontrol yaitu 74,750. Berdasarkan analisis menggunakan uji t diperoleh thitung = 3,426 dengan taraf signifikansi 5% (0.05) dan dk = 75 diperoleh nilai ttabel = 1,992. Oleh karena thitung = 3,426 > ttabel = 1,992 maka H0 ditolak Ha diterima. Hal ini berarti terdapat perbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuan IPA kelompok yang dibelajarkan menggunakan model Problem Based Learning berbantuan penilaian proyek dan kelompok yang dibelajarkan menggunakan pembelajaran konvensional pada kelas V SD Gugus II Abiansemal Badung Tahun Ajaran 2019/2020. Dengan demikian model problem based learning berbantuan penilaian proyek berpengaruh terhadap kompetensi pengetahuan IPA kelas V SD Gugus II Abiansemal Badung Tahun Ajaran 2019/2020.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Problem Based Learning, Penilaian Proyek, Kompetensi Pengetahuan IPA |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Made Srinadhi |
Date Deposited: | 28 Jul 2020 03:32 |
Last Modified: | 28 Jul 2020 03:32 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/2689 |
Actions (login required)
View Item |